Senin, 6 Rabiul Awwal 1444 H / 3 Oktober 2022

Tadabur 2 : Berimanlah dan Nafkahkan Harta Kalian, Ini Perintah Allah

tangan di atasDengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

57:5

5.  Kepunyaan-Nya-lah kerajaan langit dan bumi. Dan kepada Allah-lah dikembalikan segala urusan.

Hanya milik Allah SWT kerajaan langit dan bumi. Dia yang menciptakan dan mengatur keduanya, kepada-Nya tempat kembali semua makhluk pada Hari Kiamat agar amal perbuatan mereka diperhitungkan. Jika amal perbuatan mereka baik maka balasannya baik dan jika amal perbuatannya buruk maka balasannya pun buruk.

 

57:6

6. Dia-lah yang memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam. Dan Dia Maha Mengetahui segala isi hati.

Allah SWT memasukkan waktu yang kurang dari jam-jam siang hari ke dalam waktu malam dan memasukkan waktu yang kurang dari jam-jam malam hari ke dalam waktu siang. Dengan demikian, AllahSWT menambah waktu siang yang kurang pada waktu malam atau sebaliknya. Allah SWT mengetahui segala rahasia dan niat yang disembunyikan dalam hati hamba.

 

57:7

7. Berimanlah kalian kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari harta kalian yang Allah telah menjadikan kalian menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kalian dan menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.

Berimanlah kalian-wahai manusia-kepada Allah SWT, ikutilah Rasul-Nya SAW dan nafkahkanlah sebagian rezeki yang diberikan dan dikuasakan oleh Allah SWT kepada kalian. Sebab, yang memberi karunia dan nikmat-pada hakikatnya –hanyalah Allah SWT semata.

Orang-orang yang beriman di antara kalian-wahai hamba, yang benar dalam imannya dan menyedekahkan sebagian harta mereka akan menerima balasan yang sempurna berupa pahala besar dan kenikmatan yang abadi.

 

57:8

8. Dan mengapa kalian tidak beriman kepada Allah padahal Rasul menyeru kalian supaya kalian beriman kepada Rabb kalian . Dan sesungguhnya Dia telah mengambil perjanjian kalian jika kalian adalah orang-orang yang beriman.

Apakah alasan kalian tidak mau beriman kepada Allah SWT dan mengesakan-Nya, dan apa pula alasan kalian tidak mau beriman kepada Rasulullah SAW dan mengikutinya, padahal Rasulullah SAW mengajak kalian untuk beriman kepada Allah SWT dan Rasul?  Lagipula, Allah SWT telah mengambil perjanjian yang terdahulu dari kalian jika kalian benar-benar beriman kepada Rabb kalian.

Bersambung…

– Syeikh Aidh Al Qarni-

Sumber : Tafsir Al Muyassar – Qisthi

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Di Balik Kekuatan Al Quran

Kamis, 30/05/2013 11:40

Kata Ganti Orang Dalam Al-Quran

Jumat, 23/11/2007 11:23

Al-Qur'an Lainnya

Trending