Kamis, 17 Rajab 1444 H / 9 Februari 2023

4 Manfaat Cengkeh yang Jarang Diketahui Banyak Orang

zahid – Rabu, 3 Safar 1439 H / 25 Oktober 2017 05:00 WIB

Eramuslim – Selama ini, cengkeh lebih populer dikenal sebagai bahan utama pembuatan kretek, rokok khas Indonesia bersama tembakau. Selain itu, sejarah perjalanan perburuan rempah oleh Eropa mencatat cengkeh digunakan sebagai tambahan penyedap, pengharum dan pengawet makanan.

Tapi, ada beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan tubuh yang terbilang jarang diketahui orang. Dikutip dari Nation Nutrient Database for Standard Reference, berikut manfaat rempah khas Kepulauan Maluku bagi kesehatan tubuh:

Melindungi Hati

Kandungan antioksidan yang tinggi pada cengkeh baik untuk menjaga organ tubuh, terutama hati dari masalah radikal bebas. Cengkeh yang bersifat hepatoprotektif akan menjaga hati Anda dari kerusakan.

Melancarkan Pencernaan

Cengkeh dapat melancarkan pencernaan dengan cara merangsang sekresi enzim pada sistem pencernaan sehingga menghindarkan Anda dari perut kembung, mual dan masalah lainnya pada lambung.

Kontrol Diabetes

Diabetes ditandai dengan terjadinya resistensi insulin, baik tubuh tidak memberikan insulin yang cukup, atau parahnya tidak memproduksi insulin sedikitpun. Beberapa penelitian dalam dunia kesehatan telah menemukan bukti bahwa ekstrak cengkeh dapat meniru insulin dengan cara tertentu dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Menguatkan Tulang

Kandungan senyawa felonik dan turunannnya seperti flavon, isoflavon dan flavonoid dapat membantu menjaga kepadatan dan kandungan mineral dalam tulang. Anda lebih berisiko kecil terserang osteoporosis, terutama di usia muda. (HLS/Ram)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Inalillahi, Perppu Ormas Sudah Jadi UU

Selasa, 24/10/2017 19:37

Berita Lainnya

Trending