Jum'at, 12 Rabiul Awwal 1442 H / 30 Oktober 2020

Hersubeno Arief: Abrakadabra! Penanganan Covid-19 Indonesia Terbaik di Dunia!

Redaksi – Selasa, 3 Safar 1442 H / 22 September 2020 06:07 WIB

Eramuslim.com – Tak lama lagi, Indonesia akan segera dinobatkan sebagai negara terbaik di dunia dalam penanganan Covid-19.

Tingkat kematian (case fatality rate) Indonesia sangat rendah. Bisa jadi terendah di dunia. Padahal sebelumnya tingkat kematian akibat Covid-19 di dunia, selalu berada di peringkat atas. Bahkan di atas Amerika Serikat.

Kemajuan dahsyat Indonesia dalam penanganan Covid-19 itu berkat jasa Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Bersama dengan delapan orang kepala daerah lainnya, Senin (14/9) Khofifah diundang Menko Marinvest Luhut Panjaitan melakukan rapat koordinasi secara virtual.

“Presiden perintahkan dalam waktu dua minggu kita harus bisa mencapai tiga sasaran yaitu: penurunan penambahan kasus harian, peningkatan recovery rate (tingkat kesembuhan) dan penurunan mortality rate (tingkat kematian),” kata Luhut dalam keterangan tertulis Selasa (15/9).

Khofifah yang sejak lama dikenal sebagai orang dekat Luhut, bergerak cepat dan sigap.

Jauh lebih cepat dibandingkan kepala daerah lainnya. Termasuk bila dibandingkan dengan Gubernur DKI Anies Baswedan. Padahal Anies selama ini dinilai paling sigap menangani Covid-19.

Hanya selang sehari kemudian, Khofifah segera menyurati Menkes Terawan.

Khofifah mengusulkan klasifikasi pelaporan kasus kematian karena Covid-19 diubah.

Alasannya klasifikasi kematian dalam Peraturan Menkes tidak jelas. Terlebih lagi tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan lembaga kesehatan dunia WHO.

“Kalau WHO itu ada dua, jadi death with Covid-19, atau death cause due Covid-19, yang dilaporkan yang mana,” ujar Ketua Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi dalam perbincangan dengan CNNIndonesia (17/9).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Wah, Ada Ngabaliniyah…

Senin, 21/09/2020 13:28

Negeri Para Cukong?

Jumat, 18/09/2020 12:00

Analisa Lainnya

Trending