Jum'at, 19 Zulhijjah 1442 H / 30 Juli 2021

Arab Saudi Izinkan Perempuan Mendaftar Haji Tanpa Pendamping Laki-Laki

Redaksi – Senin, 3 Zulqa'dah 1442 H / 14 Juni 2021 14:45 WIB

Eramuslim.com – Pemerintah Arab Saudi telah menyatakan bahwa calon jamaah wanita dapat mendaftar ibadah haji tanpa didampingi oleh muhrim atau pendamping laki-laki.

Hal ini disampaikan di saat Arab Saudi mengumumkan pendaftaran haji 2021, yang dibuka pada Minggu (13/6/2021) pukul 1 siang.

https: img.okezone.com content 2021 06 14 18 2424830 arab-saudi-izinkan-perempuan-mendaftar-haji-tanpa-pendamping-laki-laki-z8BCdtd6W0.jpg

Pendaftaran akan dibuka hingga 23 Juni pukul 10 malam. Tidak ada prioritas untuk mereka yang mendaftar lebih awal, demikian dilansir Arab News.

Sebagaimana diberitakan, Arab Saudi telah mengumumkan akan membatasi haji 2021 hanya untuk 60.000 jamaah dari dalam negeri, baik warga negara, atau penduduk, dan ekspatriat.

Pendaftaran haji akan melalui lima tahap. Calon jamaah akan diminta untuk mengisi informasi detail pribadi dan riwayat kesehatan mereka berdasarkan dokumen-dokumen resmi. Setelah itu, sistem akan memverifikasi kelayakan pemohon haji berdasarkan data yang diberikan oleh Pusat Informasi Nasional.

Setelah aplikasi diterima, pemohon akan diberikan nomor registrasi untuk pertanyaan lebih lanjut. Setelah memastikan status COVID-19 pemohon, telah diimunisasi penuh, imunisasi dengan dosis pertama, atau imun setelah pemulihan, pesan teks dengan detail pembayaran akan dikirim.

Kementerian mengatakan bahwa mendaftar haji tidak berarti izin haji akhir telah diberikan.

“Izin haji hanya akan dikeluarkan setelah aplikasi ditemukan memenuhi semua kondisi dan peraturan kesehatan wajib,” tambah kementerian dalam keterangannya.

“Kementerian berhak menolak permintaan setiap saat, jika ditemukan melanggar peraturan penyelenggara.”

Sebelum permohonan izin haji dapat dikirim, semua pemohon harus menyatakan bahwa mereka tidak melakukan haji dalam lima tahun terakhir, mereka tidak menderita penyakit kronis, dan tidak terinfeksi COVID-19.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Lainnya

Trending