Jum'at, 19 Zulhijjah 1442 H / 30 Juli 2021

Dunia Geger, Kuburan Kapal Perang Raja Firaun Ditemukan di Laut

Redaksi – Kamis, 11 Zulhijjah 1442 H / 22 Juli 2021 07:00 WIB

Eramuslim.com – Para peneliti sejarah baru saja bikin geger dunia, mereka secara tak sengaja menemukan kapal perang militer zaman Raja Firaun.

Kapal perang yang diperkirakan berasal dari awal abad keempat sebelum masehi (SM) ditemukan peneliti dari misi arkeologi Mesir-Prancis dari European Institute of Underwater Archaeology (IEASM).

Kementerian Mesir dalam siaran resmi yang didapatkan VIVA Militer, Rabu 21 Juli 2021 menyatakan, kapal perang itu ditemukan dalam kondisi sudah tak utuh lagi. Bangkai kapal ditemukan terkubur dasar laut sekitar kota tenggelam Heraklion di Teluk Abu Qie, Alexandria, Mesir

“Bangkai kapal perang ini berasal dari zaman Ptolemeus,” tertulis dalam keterangan resmi tersebut.

Bangkai kapal ditemukan terkubur di dasar laut di lumpur sedalam lima meter. Banyak benda-benda ditemukan berserakan di sekitar bangkai kapal.

Kapal perang ini diduga kuat milik pasukan tempur Ptolemaios I Soter alias Firaun. Dia merupakan seorang jenderal Yunani Makedonia di bawah pimpinan Raja Kekaisaran Makedonia, Aleksander Agung.

Dia berkuasa di Mesir sekitar tahun 305 SM hingga 283 SM dan mendirikan Kerajaan Ptolemaik dan Dinasti Ptolemaik. Gelar Firaun merupakan hasil karya dia sendiri sebagai penguasa baru di Mesir Kuno.

Sementara itu, sampai saat ini para peneliti secara bergantian terus melakukan penelitian bangkai kapal perang itu. Sejauh ini belum diketahui pasti nama kapal perang itu.[viva]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Dahlan Iskan: Respons Hidung

Kamis, 22/07/2021 06:27

Keterlaluan, Biaya Tes PCR Rp900,000

Kamis, 22/07/2021 05:42

Berita Lainnya

Trending