Kamis, 17 Ramadhan 1440 H / 23 Mei 2019

Cina Komunis Mata-Matai Muslim Xinjiang Dengan 6,7 Juta ‘Mata Elektronik’

Redaksi – Selasa, 12 Jumadil Akhir 1440 H / 19 Februari 2019 11:00 WIB

Eramuslim.com –  Sebuah perusahaan pengawasan China melacak pergerakan setidaknya 2,5 juta penduduk di Provinsi Xinjiang, di mana mayoritas Muslim Uighur tinggal.

Hal tersebut diungkapkan oleh para ahli internet awal pekan ini.

Victor Gevers, dari kelompok nirlaba GDI.Foundation, yang mendukung internet terbuka, menemukan database online tanpa jaminan yang berisi nama, jenis kelamin, etnis, nomor ID, dan tanggal lahir penduduk di provinsi Xinjiang di China barat.

Dikabarkan The Guardian, data tersebut juga termasuk 6,7 juta titik lokasi “pelacak” yang telah dilewati warga dalam 24 jam terakhir, termasuk masjid, hotel, kantor polisi dan kafe. Pelacak dapat berupa kamera CCTV serta perangkat genggam yang dilengkapi dengan kamera atau pemindai ID.

Di wilayah Emin, pelacak di lima masjid di lima desa terdaftar sebagai “berhasil terdaftar”. Basis data tersebut, oleh SenseNets Technology yang berbasis di Shenzhen, tampaknya telah dibuka dan diakses oleh siapa saja selama tujuh bulan terakhir.

“Solusi pengenalan wajah/verifikasi pribadi yang tidak aman ini dibangun dan dioperasikan hanya untuk satu tujuan. Ini adalah ‘pelacak Muslim’ yang didanai oleh otoritas China di provinsi Xinjiang untuk melacak umat Muslim Uyghur,” kata Gevers di akun Twitternya.

AFP PHOTO / Peter PARKS (Photo credit should read PETER PARKS/AFP/Getty Images)

China diketahui menghadapi kritik internasional yang berkembang atas kebijakannya di Xinjiang, setelah serangkaian serangan pada 1990an dan 2000an. Selama tiga tahun terakhir, para peneliti dan advokat percaya bahwa satu juta orang Uighur serta Kazakh, Hui dan minoritas Muslim lainnya telah ditangkap dan ditahan di kamp-kamp interniran.

Orang-orang di luar kamp juga diawasi dengan ketat, dengan kamera pengintai dipasang di desa, sudut jalan, masjid dan sekolah.

Sementara itu, komuter harus melalui pos pemeriksaan keamanan antara semua kota dan desa, tempat mereka menjalani pemindaian wajah dan pemeriksaan telepon. (kl/rmol)

Buku pilihan pekan ini,  silahkan pesan stok terbatas, klik ini :

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-preorder-edisi-revisi-penyempurnaan-digest-12-imperialisme-kuning.htm

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Dunia Islam Lainnya

Trending