Jum'at, 3 Ramadhan 1442 H / 16 April 2021

Ingin Kelabui Dunia, RRC Bikin Film Propaganda Uighur Citarasa Bollywood

Redaksi – Kamis, 24 Sya'ban 1442 H / 8 April 2021 11:30 WIB

Eramuslim.com – Dalam salah satu adegan, perempuan Uighur terlihat menari dengan gaya Bollywood yang meriah saat berhadapan dengan sekelompok lelaki Uighur. Di foto lain, seorang pria Kazakh memainkan kecapi dua senar tradisional sambil duduk di yurt di hadapan kawan-kawannya.

Selamat datang di “The Wings of Songs”, film musikal yang didukung negara, bagian terbaru dalam kampanye propaganda China untuk mempertahankan kebijakannya di Xinjiang.

Kampanye tersebut semakin intensif dalam beberapa pekan terakhir karena sejumlah negara Barat dan kelompok hak asasi menuduh Beijing menindas Uighur dan minoritas Muslim lainnya di Xinjiang, diduga menerapkan kerja paksa dan melakukan genosida.

Film yang memulai debutnya di bioskop-bioskop China pekan lalu itu menawarkan sekilas visi alternatif Xinjiang yang didukung Partai Komunis China kepada penonton di dalam dan luar negeri.

Tidak ada penindasan, film musikal ini sepertinya ingin menunjukkan Uighur dan minoritas lainnya bernyanyi dan menari dengan gembira dalam pakaian warna-warni. Tetapi propaganda ini dikecam aktivis HAM Uighur.

“Gagasan bahwa orang Uighur bisa menyanyi dan menari karena itu tidak ada genosida – itu tidak akan berhasil,” jelas Nury Turkel, seorang pengacara Uighur-Amerika dan rekan senior di Institut Hudson di Washington.

“Genosida dapat terjadi di tempat yang indah sekalipun,” lanjutnya, dikutip dari The New York Times, Rabu (7/4).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Dunia Islam Lainnya

Trending