Ahad, 19 Syawwal 1443 H / 22 Mei 2022

Menengok Bentuk Asli Makam Rasulullah

Redaksi – Jumat, 13 Mei 2022 11:00 WIB

Eramuslim.com – Bagi umat Islam yang mengunjungi Masjid Nabawi, kurang afdol rasanya jika tak mengunjungi makam Rasulullah Salalluhualaihiwasalam.Bukan kunjungan sembarang kunjungan, Rasulullah diriwayatkan dalam sejumlah hadits, semasa hidup menjanjikan syafaat bagi umat Islam yang menziarahi kuburannya.

Di bangunan Masjid Nabawi terkini, makam Rasulullah terletak di ujung selatan Masjid Nabawi. Ia bisa dicapai melalui Gerbang Raja Fahd dari utara kemudian menuju ke ujung selatan dan berbelok ke timur.

Dari timur, ia tak jauh dari Gerbang Baqi; dan dari bagian barat ia bisa dicapai melalui Gerbang Babussalam.

Di lokasi Makam Rasulullah ada gerbang besar dengan dua pintu berwarna hijau dengan ornamen keemasan. Di depan gerbang itu peziarah menghadap untuk menyampaikan salam.

Sebagian peziarah kerap berupaya mengintip dari celah dan lubang di gerbang tersebut untuk melihat Makam Rasulullah. Saat saya mencoba tindakan serupa, sukar mendeskripsikan bagian dalam makam tersebut karena gelap di dalamnya.

Rasa penasaran soal bentuk asli Makam Rasulullah tersebut akhirnya terjawab saat saya mengunjungi Museum Dar Al di Kompleks Kota Pengetahuan dan Industri Madinah pada Sabtu (15/9).

Museum yang didirikan mantan pengajar Universitas Taibah Madinah, Abdulaziz Kaki itu tak sedemikian besar, namun penuh dengan miniatur yang menunjukkan perkembangan bangunan-bangunan bersejarah dalam Islam di Madinah, termasuk Masjid Nabawi dan Makam Nabi.

Suliman Muhammad Suliman, seorang sarjana dari Sudan sebagai pemandu di museum itu menjelaskan dengan terperinci sejarah pembangunan Makam Rasulullah.

Seturut catatan sejarah, ia mengatakan bahwa Rasulullah dimakamkan persis di lokasinya wafat pada 632 Masehi, yakni di sebuah kamar di kediamannya bersama Aisyah di bagian luar tembok timur bangunan awal Masjid Nabawi.

Saat itu, lebar Masjid Nabawi sepanjang 35 meter di sisi barat dan timur serta 30 meter di sisi utara dan selatan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kisah Wafatnya Nabi Daud AS

Jumat, 22/04/2022 13:10

Dunia Islam Lainnya

Trending