Sabtu, 16 Safar 1443 H / 25 September 2021

Paska Kemenangan Taliban, Penjara Pul-e-Charkhi yang Terbesar dan Terkejam di Afghanistan kini Hening

Redaksi – Rabu, 6 Safar 1443 H / 15 September 2021 10:15 WIB

Penjara Pul-e-Charkhi yang Terbesar dan Terkejam di Afghanistan kini Hening, Narapidananya Sekarang Naik Pangkat jadi Pengawas

Penjara Pul-e-Charkhi, di sebelah timur Kabul, dikenal sebagai Fasilitas Penahanan Nasional Afghanistan yang terbesar dan disebut-sebut mengerikan/Net

eramuslim.com – Sejak Taliban berkuasa, banyak ‘keajaiban’ yang terjadi di Afghanistan. Salah satunya adalah para napi di penjara Pul-e-Charkhi, mendadak menjadi penjaga tahanan di sana.

Penjara Pul-e-Charkhi yang terletak di sebelah timur Kabul adalah penjara terbesar di Afghanistan. Tahanan di dalamnya adalah penjahat kelas berat. Beberapa ribu pejuang Taliban dipenjara di sini termasuk ISIS dan Al-Qaeda.

Namun, ketika Taliban berkuasa banyak tahanan yang dibebaskan. Pul-e-Charkhi pun menjadi senyap, para penjahatnya dibebaskan dan berkeliaran di penjuru kota.

Beberapa napi malah diberikan ‘penghormatan’ dengan menempatkannya sebagai penjaga tahanan. Mereka yang dulunya menghuni ruang-ruang sel di Pul-e-Charkhi dengan seragam tahanan, kini terlihat berjaga di pos-pos penjaga dengan mengenakan sorban dan senjata yang disandang di bahu.

Mereka juga terlihat berpatroli dengan mobil polisi hijau, dan mengibarkan bendera mereka sambil memamerkan senjata.

Pul-e-Charkhi adalah rumah bagi lebih dari 9.000 narapidana dan menjadi yang terpadat, melebihi kapasitas semestinya, sekaligus menjadi yang terkejam. The National menuliskannya sebagai fasilitas penyiksaan dan eksekusi.

Penjara ini didirikan pada 1980-an. Pada tahun 2009, AS memindahkan sekitar 250 tahanan di sana ke kamp penahanan Teluk Guantanamo.

Saat ini, penjara itu tidak benar-benar kosong, masih ada beberapa ratus orang yang berada di sel. Namun, beberapa ratus orang itu memberikan pemandangan yang berbeda, dibandingkan sebelumnya yang berisi 9.000 orang.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Kisah Hidayah Gito Rollies

Rabu, 15/09/2021 09:45

Gaza Diserang Israel Selama Tiga Malam

Selasa, 14/09/2021 08:44

Dunia Islam Lainnya

Trending