Kamis, 10 Rajab 1444 H / 2 Februari 2023

Polling: Israel, Negara Paling Buruk di Dunia

Magdalena – Selasa, 15 Safar 1428 H / 6 Maret 2007 13:13 WIB

BBC World Service kembali menggelar polling tentang negara-negara yang memberikan pengaruh negatif pada dunia. Hasilnya, mayoritas responden menyatakan Israel sebagai negara yang paling buruk, disusul kemudian Iran dan Amerika Serikat.

Polling melibatkan 28 ribu responden dari 27 negara dan dilakukan dengan cara wawancara tatap muka serta melalui telepon. Prosentase hasil polling, 56 persen responden menyebut Israel sebagai negara yang paling memberikan pengaruh buruk pada dunia. Iran berada di posisi kedua, dengan prosentase 54 persen dan AS di posisi ketiga dengan prosentase 51 persen.

Sedangkan negara-negara yang mendapat penilaian positif dari responden adalah negara Kanada, Jepang dan Uni Eropa.

Dalam polling yang sama pada bulan Januri lalu, mayoritas responden menyebut AS sebagai negara yang pengaruhnya paling buruk. Survei terakhir menunjukkan bahwa citra AS masih buruk, meski muncul Israel dan Iran, termasuk Korea Utara, yang juga dinilai negatif oleh mayoritas responden.

Citra paling buruk melekat pada Israel karena provokasi-provokasi yang dilakukan negara Zionis itu kerap menimbulkan reaksi internasional, salah satunya adalah agresi militernya ke Libanon tahun 2006 kemarin. Prosentase terbesar yang menilai citra Israel buruk adalah responden dari Timur Tengah dan Uni Eropa.

Sementara Iran dan Korea Utara, lebih karena program nuklir mereka yang memicu perdebatan internasional. Meski demikian, Iran masih mendapat penilaian positif dari responden di negara-negara Muslim.

Sedangkan Kanada, Jepang dan Uni Eropa mendapat penilaian positif, diduga karena minimnya peran mereka dalam berbagai konfrontrasi yang terjadi di dunia.(ln/bbc)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Dunia Islam Lainnya

Trending