Jum'at, 12 Rabiul Awwal 1442 H / 30 Oktober 2020

Galang Kekuatan untuk Antisipasi China, PM Jepang Dekati Indonesia dan Vietnam

Redaksi – Sabtu, 28 Safar 1442 H / 17 Oktober 2020 11:00 WIB

Eramuslim.com – Pemimpin baru Jepang bertekad memperkuat hubungan keamanan dengan Indonesia dan Vietnam di tengah kekhawatiran semakin agresifnya Beijing. Namun, Negeri Sakura ini tak mau memakai retorika anti-China seperti yang digunakan Amerika Serikat (AS) dan sekutunya.

Dilansir dari Reuters, Perdana Menteri Yoshihide Suga akan mengikuti jejak pendahulunya, Shinzo Abe, dengan menjadikan Indonesia dan Vietnam sebagai tujuan perjalanan pertamanya ke luar negeri sejak menjabat pada September.

“Saya rasa ini penting untuk ditunjukkan bahwa kami lebih menekankan dan mementingkan kawasan itu. Kami juga tertarik dengan situasi keamanan, terutama di Laut China Selatan,” kata Kunihiko Miyake, penasihat khusus Suga.

Suga bakal mengunjungi Vietnam, ketua 10 anggota ASEAN, dan Indonesia, perekonomian terbesar Asia Tenggara, dal am lawatan selama 4 hari mulai Minggu (18/10). Hal ini diumumkan oleh Kepala Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato pada Jumat (16/10).

Jepang harus menyeimbangkan hubungan ekonominya yang erat dengan China dengan masalah keamanan, termasuk tindakan Beijing yang mengklaim pulau-pulau di Laut China Timur yang disengketakan. Sementara itu, banyak anggota ASEAN memperselisihkan teritorial dengan China di perairan penting Laut China Selatan. Meski begitu, mereka tetap berhati-hati dan enggan terjebak dalam konfrontasi sengit antara AS dan China.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Lainnya

Trending