Jum'at, 26 Zulqa'dah 1438 H / 18 Agustus 2017

Iran Dan Amerika Bersatu Melawan Sunni di Irak

heri – Minggu, 15 Juni 2014 22:06 WIB

hassan rouhaniPresiden Iran, Hassan Rouhani, pada hari Sabtu lalu mengatakan bahwa Iran akan bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam mengembalikan keamanan di Irak.

Ia mengatakan dalam sebuah siaran konferensi Pers di salah satu televise Iran ,”kita semua sedang menghadapi kelompok teroris dalam kata dan perbuatan.”

Dan ketika ia menanggapi pertanyaan tentang apakah mungkin Teheran akan bekerja sama dengan AS dalam menghadapi kemajuan “pemberontak Sunni” di Irak, ia mengatakan,”kita mungkin akan memikirkan hal ini jika AS memulai kembali menghadapi kelompok teroris di Irak atau di tempat lain.”

Sebelumnya Iran mendukung upaya militer AS untuk menggulingkan rezim Saddam Hussein. Syiah Iran prihatin terhadap kemajuan yang diperoleh “pemberontak Sunni” di Irak, dan berusaha untuk bekerja sama dengan Baghdad sebagaimana yang telah diperbuat di Suriah dalam mendukung rezim Bashar Assad melawan gerakan revolusi disana.

Sementara itu, Salah satu ulama Syiah, Ali al-Sistani mendesak untuk mengangkat senjata dalam menghadapi gerakan Sunni dan mengusir mereka dari sejumlah wilayah yang telah jatuh ketangan mereka . (hr/im)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Lainnya

Trending