Rabu, 29 Ramadhan 1442 H / 12 Mei 2021

Mengapa Amerika Memutuskan Akan Angkat Kaki Dari Afghanistan?

Redaksi – Jumat, 16 April 2021 16:15 WIB

Eramuslim.com – WASHINGTON menyatakan akan memulai penarikan pasukannya dari Afghanistan pada bulan Mei mendatang, sesuai dengan perjanjian yang ditandatangani antara Amerika dan Taliban di era Donald Trump, yang menyepakati akan menarik seluruh pasukannya mulai 1 Mei 2021.


Meskipun Presiden Amerika sudah berganti, kini Washington menegaskan kembali akan menarik pulang 2.500 tentaranya yang tersisa secara bertahap atas perintah Joe Biden dan diharapkan akan tuntas pada 11 September 2021 mendatang, menandakan berakhirnya 20 tahun pendudukan Amerika di Afghanistan.

Negara-negara NATO yang menyumbang ribuan tentaranya mendampingi pasukan Amerika untuk memerangi Taliban juga merencanakan akan membawa pulang pasukannya, sebagaimana ditegaskan Mentri Pertahanan Jerman Annegret Kramp Karrenbauer sesudah pertemuan virtual yang dilaksanakan sehari setelah keputusan Gedung Putih yang diambil pada Rabu (14/4/2021).

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang tiba di markas NATO di Brussel sebelum pertemuan itu mengatakan sudah waktunya bagi aliansi militer tersebut untuk mundur dari Afghanistan.

“Saya berada di sini untuk bekerja sama dengan sekutu kita, dengan sekretaris jenderal (NATO), dengan prinsip yang telah kami tetapkan sejak awal: bersama-sama dan akan keluar bersama,” kata Blinken.

“Kami akan bekerja sangat erat dalam beberapa bulan mendatang agar penarikan pasukan terkoordinasi dan aman,” ujar Blinken yang berdiri di samping sekretaris jenderal NATO Jens Stoltenberg seperti dikutip¬†The Guardian, Rabu (14/4/2021).

Seandainya tentara Amerika benar-benar ditarik pulang, maka sekali lagi tanah gersang yang bernama Afghanistan membuktikan bahwa dirinya  benar-benar menjadi neraka bagi para penjajah yang berani menginjakkan kakikinya di wilayah pegunungan nan tandus ini.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Lainnya

Trending