Rabu, 5 Syawwal 1439 H / 20 Juni 2018

Menyusup Jadi Komandan Militer, Belasan Tentara AS Tewas Diberondong Pejuang Taliban

zahid – Jumat, 12 Januari 2018 15:00 WIB

Eramuslim – Mujahidin Islam Afghanistan (Taliban) dikabarkan kembali sukses menyusupkan dua pejuangnya di barisan militer Afghanistan. Bahkan, kedua pejuang tersebut dipercaya sebagai komandan tempur.

Operasi penyusupan ini baru diketahui setelah dua mujahid itu memberondong militer AS yang tengah menggelar pertemuan dengan tentara lokal di distrik Achin, provinsi Nangarhar, Afghanistan Timur, pada Kamis (11/01). Dilaporkan belasan tentara AS tewas dan luka-luka akibat operasi yang dikenal dengan “Operasi Inghimas” itu.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, dalam keterangannya kepada media mengatakan bahwa operasi pada Kamis siang itu dilakukan oleh Komandan Baja Khan dan Komandan Miendar. Ia menegaskan, keduanya berhasil menyusup sehingga dipercaya menjadi komandan tempur di barisan musuh.

Menurut sejumlah sumber keamanan Nangarhar yang dilansir Al-Araby Al-Jadid, serangan insider itu terjadi saat pasukan AS bertemu dengan tentara lokal yang berada di front depan menghadapi kelompok Daulah Islamiyah (ISIS) di daerah Muhammad Drih, Distrik Achin. Tiba-tiba salah seorang tentara Afghanistan (pejuang Taliban yang menyusup) memberondong pasukan AS. Akibatnya, sejumlah tentara tewas dan luka-luka.

Masih menurut sumber, spontan tentara AS membalas tembakan itu. Namun tembakan balasan sporadis ke arah pasukan pemerintah. Korban tentara lokal pun berjatuhan. Di antaranya komandan lapangan.

Taliban mengatakan, sedikitnya 16 tentara AS tewas dan luka-luka akibat serangan itu. Sementara pemerintah Nangarhar menyebutkan, sebanyak 12 tentara pemerintah tewas akibat pertempuran dan serangan udara militer AS.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Lainnya

Trending