Kamis, 15 Rabiul Awwal 1441 H / 14 November 2019

4 WNI Keturunan Berkarier di TNI, Chen Ke Cheng Malah jadi Bos Intelijen

Redaksi – Selasa, 10 Zulhijjah 1440 H / 13 Agustus 2019 09:00 WIB

Eramuslim.com – Enzo Zenz Allie (18) tiba-tiba menjadi perbincangan publik. Remaja keturunan Prancis-Indonesia ini berhasil lulus menjadi Calon Taruna (Catar) Akademi Militer (Akmil) TNI.

Bule ganteng yang lahir di Bandung, Jawa Barat, ini bercita-cita menjadi anggota Kopassus TNI Angkatan Darat.

Ia adalah putra dari pasangan almarhum Jean Paul Francois, warga negara Prancis, dan ibu bernama Siti Hajah Tilaria asal Sumatera Utara. Meski begitu, Enzo bukanlah WNI keturunan pertama yang ingin berkarier di TNI.

Berikut rangkuman 4 tokoh yang sukses ‘hidup’ jadi tentara, bahkan ada yang jadi bos intelijen di Badan Intelijen Strategis (Bais) TNI.

John Lie

Nama ini tidak asing bagi TNI Angkatan Laut. Pria bernama lengkap John Lie Tjeng Tjoan atau dikenal dengan nama Jahja Daniel Dharma, ini adalah seorang Tionghoa peranakan. Ia dikenal sebagai penyelundup senjata ulung untuk pejuang Ibu Pertiwi, sehingga mendapat julukan ‘Hantu Selat Malaka’.

Lie bergabung dengan Angkatan Laut Republik Indonesia (sekarang TNI AL) pada 1946 setelah dirinya bersama dengan puluhan rekannya di pelayaran KPM (Koninklijke Paketvaart Maatschappij) kembali ke Tanah Air pascakekalahan Jepang pada Agustus 1945.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending