Ahad, 9 Jumadil Awwal 1444 H / 4 Desember 2022

Aswanto Dicopot Dari Hakim MK, Benny K Harman: Melawan Kehendak Rezim Dicopot Tanpa Due Process of Law

Redaksi – Sabtu, 4 Rabiul Awwal 1444 H / 1 Oktober 2022 08:28 WIB

eramuslim.com  – Legislator Demokrat, Benny Kabur Harman atau Benny K Harman menyoroti pencopotan Prof Aswanto dari hakim Mahkamah Agung (MK).

Pencopotan yang dilakukan oleh DPR dinilai Benny K Harman bahwa yang melawan kehendak dari rezim maka akan dicopot dari jabatannya tanpa melalui proses hukum yang semestinya atau dikenal dengan due process of law. Benny K Harman berdasarkan ‘teori politik paling anyer’, rezim saat ini akan berusaha mempertahankan kekuasaannya dengan melemahkan Mahkamah Agung (MK).

“Menurut teori politik paling anyer, salah satu kiat rezim mempertahankan kekuasaannya ialah memperlemah Mahkamah Konstitusi (MK)”, kata Benny K Harman seperti dikutip dari cuitannya di akun media sosial Twitter pribadinya yang dilihat pada, Sabtu 30 September 2022.

Selain itu, pelemahan MK dilakukan dengan memberhentikan hakim-hakim yang berbelok dari kehendak rezim, seperti yang dialami oleh Wakil Ketua MK, Prof Aswanto.

“Hakim-hakim konstitusi yang melawan kehendak rezim dicopot tanpa due process of law. Ini dialami Hakim MK Prof Aswanto”, kata Benny.

Hakim Aswanto Dicopot DPR Pencopotan Prof Aswanto dari jabatannya sebagai Wakil Ketua MK dan hakim konstitusi diketahui karena adanya keputusan politik.

Ketua Komisi III DPR RI, Bambang Pacul mengatakan jika pencopotan ini nantinya bisa dicari dasar-dasar hukumnya. “Ini adalah keputusan politik. Tentu ini nanti karena hadirnya keputusan politik juga karena adanya surat MK toh? Kan gitu loh dan nantikan dasar-dasar hukumnya bisa dicari, tapi inikan dasar surat dari MK yang mengkonfirmasi, tidak ada periodesasi ya sudah”, kata Bambang Pacul.

Selain itu, Bambang Pacul mengatakan jika kinerja Prof Aswanto mengecewakan sehingga diputuskan untuk diberhentikan dan juga menyinggung produk-produk DPR yang dibatalkan secara sepihak.

“Tentu mengecewakan dong, ya gimana kalau produk-produk DPR dianulir sendiri oleh dia, dia wakilnya dari DPR. Kan gitu loh”, ujarnya.

 

 

 

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending