Ahad, 21 Rabiul Akhir 1443 H / 28 November 2021

Baasyir Tolak Boikot Pemberangkatan Haji

Noffellisa – Kamis, 3 Rajab 1428 H / 19 Juli 2007 15:22 WIB

Seruan Menteri Agama M. Maftuh Basyuni untuk melakukan boikot pemberangkatan ibadah haji, sebagai bentuk tekanan terhadap Arab Saudi agar tidak melanjutkan rencananya mengeluarkan larangan terhadap maskapai penerbangan Indonesia, ditentang oleh Amir Majelis Mujahidin Indonesia Ustad Abu Bakar Baasyir.

"Saya kurang setuju, saya berpendapat pemerintah harus tetap lapang dada untuk menyelenggarakan itu, kan bisa menggunakan kapal laut, jadi jangan memboikot, itu berarti menghentikan ibadah haji, " ujarnya sebelum mengikuti sidang gugatan class action, di Gedung Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (19/7).

Ia menilai, upaya yang dilakukan Arab Saudi tidak terlepas dari kegiatan yang dilakukan negara Amerika Serikat untuk mengacaukan kegiatan yang dilakukan oleh umat Islam, di mana negara kawasan Timur Tengah saat ini menjadi sasarannya.

"Saya menduga itu didikte oleh AS, karena selama ini perang melawan Islam semakin ditingkatkan oleh AS yang selama ini menjadi kuda tunggangan Yahudi, itu semua sudah ada dalam Al-Quran, " imbuhnya.

Sementara itu, Sekjen Forum Umat Islam M. Al-Khaththath meminta agar masalah ini tidak dibesar-besarkan, dan apabila akhirnya Arab Saudi mengeluarkan larangan, ia menyarankan agar pemerintah untuk sementara waktu tidak mengirimkan jamaah haji Arab Saudi.

"Ini boleh saja dilakukan, ketika zaman Nabi Muhammad SAW ini pernah terjadi, tetapi dengan syarat tahun depannya diqodho, "jelasnya.

Meski pada akhirnya keputusan itu dikeluarkan, ia menyarankan, agar pemerintah sebagai pemegang otoritas kebijakan tidak berlama-lama membiarkan umat Islam terhambat dalam beribadah. (novel)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending