Kamis, 17 Zulqa'dah 1441 H / 9 Juli 2020

Belasan Kawan Adian Jadi Komisaris, BUMN Bersih Dinilai Hanya Mimpi!

Redaksi – Senin, 7 Zulqa'dah 1441 H / 29 Juni 2020 06:00 WIB

Eramuslim.com – Direktur Eksekutif Haidar Alwi Institute (HAI), R Haidar Alwi merasa pesimis dengan kebijakan Menteri BUMN, Erick Thohir yang melakukan restrukturisasi besar-besaran di perusahaan pelat merah. Selama BUMN dijadikan ladang politik balas budi, ia tidak yakin Erick Thohir mampu membawa perubahan positif yang signifikan terhadap kinerja BUMN.

“Nampaknya bersih-bersih BUMN ala Erick Thohir hanya sebatas slogan semata. Praktik bagi-bagi jabatan terutama untuk posisi Komisaris BUMN masih tetap terjadi. Entah itu untuk kalangan politikus partai koalisi, relawan, timses dan bahkan titipan pejabat tertentu. Parahnya, ada juga pejabat TNI/ Polri aktif, jelas-jelas ini menabrak Undang Undang Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Polri dan Undang Undang Nomor 34 Tahun 2004 Tentang TNI. Tapi gimana nggak jadi rebutan? Komisaris gajinya besar, fasilitas lengkap dan tak terikat jam kerja. Enak kan?” Demikian ujar R Haidar Alwi, Kamis (25/6/2020).

Oleh sebab itu, tokoh sentral Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) ini meragukan mereka yang diberi jatah Komisaris BUMN memiliki kompetensi sesuai dengan bidang usaha perusahaannya. Padahal, Undang Undang Nomor 19 Tahun 2003 Tentang BUMN mensyaratkan Komisaris diangkat berdasarkan pertimbangan integritas, dedikasi, memahami masalah manajemen perusahaan, pengetahuan yang memadai di bidang usaha serta menyediakan waktu yang cukup bagi perusahaan.

“Walaupun sebagian memiliki kompetensi, tapi ini memberikan citra buruk bagi pemerintahan Pak Jokowi. Dari dulu sampai sekarang praktik semacam ini masih dipelihara. Bagi yang nggak masuk kabinet, mayoritas dikasih hadiah sebagai Komisaris BUMN. Ada BUMN yang semua Komisarisnya diisi relawan dan orang dekat Erick Thohir, misalnya Danareksa,” tutur R Haidar Alwi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending