Kamis, 20 Rabiul Awwal 1443 H / 28 Oktober 2021

Kenang Ceramah Eks Ketua Umum PBNU: Jual Beli Undang-undang Penyebab Rakyat Miskin

Redaksi – Kamis, 6 Rabiul Awwal 1443 H / 14 Oktober 2021 09:45 WIB

Eramuslim.com -Jagad dunia maya Twitter kembali diramaikan dengan viralnya video ceramah mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama, almarhum KH Hasyim Muzadi yang disampaikan pada tahun 2012 silam.

Ceramah ulama kenamaan NU ini diposting akun @jamilahmuhammaO pada Rabu (22/7), dan telah dilihat oleh lebih 2.400 pengguna Twitter.

Dalam video tersebut, mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2015-2017 itu menyinggung perihal pembentukan undang-undang yang berimbas terhadap kemiskinan rakyat Indonesia.

Ia menjelaskan, kemiskinan akan terus berproses karena UU diperjualbelikan oleh oknum tak bertanggung jawab dengan tujuan mengambil keuntungan pribadi.

“Jadi di Indonesia ini bukan hanya ada kemiskinan, tapi proses kemiskinan melalui bocornya simpul di UUD. Ini nanti dibuatlah undang-undang, maka aset-aset itu menjadi dijual semua,” ujar Hasyim Muzadi dalam video tersebut.

Pada saat Hasyim Muzadi menyampaikan ceramahnya itu, sepertinya kondisi rakyat juga sedang sulit. Pasalnya, ia memberikan contoh nyata terkait kemiskinan yang dirasakan masyarakat atas praktek jual beli undang-undang kala itu.

“Kita terasa kan, pekerjaan sulit begini. Tapi kita enggak tahu kenapa ini begini. Kadang-kadang ada pemuda penampilan meyakinkan, tapi rokok tetap eceran. Hapenya (handphone) tiga tapi pulsa enggak ada. Jadi gaya-gaya tok! Kenapa? Pekerjaan tidak ada,” ungkapnya kala itu.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending