Senin, 10 Jumadil Awwal 1444 H / 5 Desember 2022

Ferdy Sambo Janjikan Rp1 Miliar untuk Bharada E, Serta Bripka RR dan KM Masing-masing Rp500 Juta

Redaksi – Sabtu, 14 Muharram 1444 H / 13 Agustus 2022 10:00 WIB

eramuslim.com – Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo mengaku telah merekayasa kematian Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J. Dia bahkan menjanjikan uang Rp 1 miliar kepada Richard Eliezer alias Bharada E yang menembak mati Brigadir J.

Hal itu diungkap oleh mantan pengacara Bharada E, Burhanuddin. Baca Juga: Bareskrim Benarkan Bharada E Cabut Kuasa Deolipa & Burhanuddin, Apa Alasannya?

Menurut Burhanuddin, uang yang dijanjikan Irjen Ferdy Sambo kepada Bharada E itu untuk tidak membongkar insiden penembakan Brigadir J.

“Iya (benar Bharada E dijanjikan uang Rp 1 miliar agar tutup mulut, red) ada di BAP (berita acara pemeriksaan),” kata Burhanuddin saat dikonfirmasi, Jumat (12/8).

Burhanuddin menyebut tersangka lainnya, KM dan Bripka Ricky Rizal alias Bripka RR (sebelumnya Brigadir RR) juga dijanjikan uang masing-masing Rp 500 juta. Jadi, Ferdy Sambo menjanjikan uang Rp 2 miliar kepada Bharada E, Bripka RR, dan KM. “(Total uang yang dijanjikan Ferdy Sambo Rp 2 miliar, red) iya,” ujar Burhanuddin dikutip dari JPNN.

Kendati demikian, uang itu belum diterima ketiga tersangka. “Belum (diberikan uang itu). (Uang diberikan, red) setelah kasus aman,” ujar Burhanuddin.

Burhanuddin menyebut uang tersebut dijanjikan Pati Yanma Polri itu sehari setelah insiden penembakan di Duren Tiga, Pancoran, Jakarta Selatan pada Jumat (8/7). “(Uang itu dijanjikan, red) sehari setelah Brigadir J tewas,” tutur Burhanuddin.

Timsus telah menetapkan empat tersangka dalam kasus kematian Brigadir J. Dalam kasus ini, Ferdy Sambo, Bripka Ricky Rizal, dan KM dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 KUHP dan Pasal 56 KUHP. Mereka diancam hukuman mati, penjara seumur hidup, dan selama-lamanya penjara 20 tahun. [Fajar]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending