Sabtu, 5 Rajab 1444 H / 28 Januari 2023

Gempa di Sukabumi, BMKG: Ada Patahan Batuan Dalam Lempeng Indo-Australia

Redaksi – Kamis, 13 Jumadil Awwal 1444 H / 8 Desember 2022 09:45 WIB

Gempa Bumi Terkini di Sukabumi, BMKG Sebut Ada Patahan Batuan Dalam Lempeng Indo-Australia

Gempa 5,8 M berpusat di [email protected]

 

eramuslim.com – Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,8 guncang Sukabumi Jawa Barat pada Kamis pagi 8 Desember 2022. Gempa tersebut ikut dirasakan di Jakarta.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan, gempa Sukabumi tersebut terjadi akibat adanya deformasi atau patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,09 derajat Lintang Selatan, 106,95 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 122 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi atau patahan batuan dalam Lempeng Indo-Australia yang populer disebut sebagai gempa intraslab atau gempa Benioff,” jelasnya.

Ia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Daryono mengemukakan gempa bumi yang terjadi pada pukul 07.50 WIB itu dirasakan hingga Bandar Lampung, Tangerang Selatan, Jakarta, Bekasi, Cisolok, Sumur, Sukabumi, Garut, dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Skala intensitas lebih tinggi juga dirasakan di daerah Cianjur, Lembang, Bogor, Bandung, Pangandaran, Padalarang, Pamoyanan, dan Sumedang dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

Daerah Rancaekek dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

 

 

 

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Proyek IKN Bisa jadi Hambalang Baru

Kamis, 08/12/2022 07:23

Berita Nasional Lainnya

Trending