Jum'at, 23 Jumadil Akhir 1443 H / 28 Januari 2022

Gempa Pernah Terjadi saat Masa Khalifah Umar Bin Khattab, Begini Kisahnya

Redaksi – Jumat, 14 Januari 2022 18:00 WIB

eramuslim.com – Rupanya, gempa bukanlah peristiwa yang baru. Penceramah Ustaz Syafiq Riza Basalamah menyebut, bencana itu sudah pernah terjadi saat Umar Bin Khattab masih hidup.

Ustaz Syafiq bilang, saat itu, Umar bersama anaknya, Abdullah Bin Khattab dan sejumlah sahabat lainnya sedang berada di dalam masjid dan terjadi gempa saat itu.

Umar Bin Khattab pun langsung naik ke atas mimbar, dan menyampaikan kepada orang yang ada di depannya itu.

“Di masa Umah Bin Khattab terjadi gempa. Abdullah Bin Umar sedang salat di masjid. Umar Bin Khattab langsung naik ke mimbar. Apa kata Umar Bin Khattab, kalau gempa ini balik, terjadi lagi, aku akan keluar dari tempat kalian,” kata Ustaz Syafiq dalam ceramahnya di kanal YouTube @SAP Channel.

Maksud Umar Bin Khattab akan keluar, ialah ia akan pergi meninggalkan penduduk Madinah bila masih ada yang berbuat maksiat. Bila masih ada dan gempa datang kembali, Umar Bin Khattab pun akan pergi.

Gempa sendiri datang dari banyaknya dosa yang dilakukan.

“Kita harus tahu kalau bicara bencana, Allah yang menyebabkan itu terjadi. Dosa-dosa kita yang mengundang itu terjadi. Maka Umar Bin Khattab di situ ada Umar, ada Utsman, ada Ali Bin Abi Thalib, ada sahabat yang dijamin masuk surga. Tapi umat mengingatkan, hati-hati kalian. Kalau gempa itu balik, aku akan tinggalkan kalian,” jelasnya. [Fajar]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending