Rabu, 19 Rabiul Awwal 1443 H / 27 Oktober 2021

Guru Besar UIN Kritik Keras Pelantikan Megawati Sebagai Dewan Pengarah BRIN

Redaksi – Rabu, 5 Rabiul Awwal 1443 H / 13 Oktober 2021 17:13 WIB

Eramuslim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Megawati Sukarnoputri sebagai Dewan Pengarah Badan Riset (BRIN). Pelantikan Megawati sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN ini dinilai tidak tepat.

Kritikan ini disampaikan oleh Guru besar UIN Syarif Hidayatullah, Azyumardi Azra lewat akun Twitternya. Azra menilai mestinya posisi Dewan Pengarah dipegang oleh peneliti berkaliber internasional.

“Seharusnya Ketua dan anggota Dewan Pengarah BRIN adalah ilmuwan atau peneliti terkemuka berkaliber internasional jika serius BRIN mau melakukan riset atau inovasi unggul,” kata Azyumardi Azra, Rabu (13/10/2021).

“Tidak pada tempatnya Ketua Dewan Pengarah BRIN ketum parpol yang tidak punya kepakaran soal riset dan inovasi–boleh jadi BRIN menjadi alat politik,” imbuhnya.

Azyumardi Azra mengatakan bahwa BRIN bisa bernasib seperti BPIP. BPIP menurutnya menjadi partisan dan membuat kepercayaan publik hilang.

“Harusnya Presiden Jokowi belajar dari kasus BPIP yang ketua dewan pengarahnya juga ketum parpol. Akibatnya BPIP menjadi partisan dan kehilangan trust publik. BRIN juga bakal bernasib sama seperti BPIP,” ungkapnya.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending