Senin, 10 Zulqa'dah 1442 H / 21 Juni 2021

HRS Cecar Ahli Bahasa soal Onar Diartikan Resah: di KBBI Nggak Ada!

Redaksi – Rabu, 22 Ramadhan 1442 H / 5 Mei 2021 16:38 WIB

Eramuslim.com – Habib Rizieq Shihab (HRS) mempertanyakan definisi kata ‘onar’ yang disebutkan ahli bahasa Andika Dutha Bachari sebagai ‘resah’ dalam sidang perkara kasus hasil swab RS Ummi.

Habib Rizieq mencecar ahli soal sumber rujukan yang digunakannya dalam mendefinisikan kata ‘onar’.

Awalnya, Andika menyampaikan adanya berita bohong dapat menimbulkan keresahan. Dia menyebutkan keresahan inilah yang disebutnya sebagai keonaran.

“Maksud onar dalam UU itu silakan dibaca keterangannya, itu bukan gejala material, tapi psikis. Bukan gejala material dalam pengertian keributan terjadi, ada bacok-bacokan, tapi sebetulnya itu gejala psikologis. Makanya didefinisikan onar itu resah,” kata Andika dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jalan Dr Sumarno, Cakung, Rabu (5/5/2021).

Andika menilai keresahan sebagai bagian dari keonaran. Menurutnya, keonaran juga bisa timbul dari segi psikologis.

“Tidak dalam bentuk material, tapi psikologi, kecemasan. Tidak dilakukan tapi itu bohong. Pada gejala kecemasan yang ditimbulkan atau resah, apakah itu bagian dari onar?” tanya jaksa.

“Ya jelaslah. Onar itu kan kata kuncinya secara literal, secara harfiah, itu resah. Resah onar itu, Yang Mulia, galau…,” jelas Andika.

Hakim ketua Khadwanto sempat menyela pernyataan Andika. Dia menanyakan soal apakah resah itu secara individual atau komunal.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending