Kamis, 22 Rabiul Awwal 1441 H / 21 November 2019

Viral, Masjid di Cirebon yang Bikin Betah Musafir

zahid – Kamis, 7 Zulqa'dah 1440 H / 11 Juli 2019 15:00 WIB

Eramuslim – Masjid Al Barokah yang berada di Kelurahan Kejaksan, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Jabar menarik perhatian warganet. Warnaget memuji fasilitas masjid dalam hal melayani musafir dan jemaahnya.

Masjid yang tidak terlalu luas ini berada di lingkungan Pasar Grosir Cirebon (PGC) Kota Cirebon. Meski sederhana, pengurus masjid ini memiliki cara yang luar biasa dalam melayani jemaahnya, termasuk musafir yang hendak menginap.

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Barokah menyediakan makan dan minum gratis. Kemudian ada juga bantal dan alas bagi musafir yang ingin menginap di masjid.

Selain fasilitas itu, DKM juga menyediakan kaca mata baca berbagai ukuran bagi jemaah yang ingin membaca alquran atau buku bacaan. Setiap pekan puluha nmusafir kerap memanfaatkan masjid tersebut untuk beristirahat, selain untuk beribadah.

Sekretaris DKM Al Barokah Kukut Sutrisno mengatakan masjid sejatinya harus bisa melayani umat, seperti yang dilakukan Masjid Nabawi. Fasilitas pelayanan gratis untuk jemaah dan musafir itu mulai diberlakukan sejak 2017 silam.

“Khidmah (pengabdian) ini sejak 2017. Pengennya semua keperluan jemaah kita penuhi. Untuk saat ini baru ada alas dan bantal untuk musafir,” kata Kukut saat berbincang dengan detikcom, Kamis (11/7/2019).

Selama 24 jam pintu masjid terbuka bagi jemaah yang ingin ibadah, atau sekadar beristirahat. Pasalnya, lanjut Kukut, Al Barokah berada di lingkungan pasar sehingga aktivitas jemaah atau masyatakat sekitar terbilang tinggi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending