Kamis, 5 Rabiul Awwal 1439 H / 23 November 2017

Negara Bangkrut, Jokowi Izinkan 5 Bandara dan 8 Pelabuhan Ditawarkan ke Asing

Redaksi – Senin, 24 Safar 1439 H / 13 November 2017 09:30 WIB

Eramuslim.com -Pemerintah Jokowi-JK sebut, ada  5 Bandara dan 8 Pelabuhan bisa dikelola Swasta tahun Ini. Nantinya akan ada 20 pelabuhan dan 10 bandara yang akan dikerjasamakan ke BUMN dan swasta

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka peluang swasta untuk mengelola infrastruktur transportasi bandara dan pelabuhan yang selama ini dipegangnya. Ini dilakukan demi mengalihkan beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur transportasi lainnya di Indonesia.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan ada lima bandara yang akan dikerjasamakan pengelolaannya kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan swasta. Kelima bandara ini adalah Tanjung Pandan, Samarinda, Belitung, Palu, dan Tarakan. Kelimanya tergolong bandara besar yang potensial secara komersial.

“Tahun ini lima bandara dan ada delapan pelabuhan,” katanya dalam keterangan resmi Kementerian Perhubungan, Jumat, (4/11). Namun, dia tidak menjelaskan mana saja pelabuhan yang akan dilepas.

Dia juga menjelaskan bahwa dengan adanya kerja sama ini, akan lebih mempertegas fungsi regulator dan operator. Kemenhub tetap berfungsi sebagai regulator. Sementara BUMN dan swasta sebagai operator bandara dan pelabuhan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending