Ahad, 17 Safar 1443 H / 26 September 2021

Novel Baswedan Belum Pernah Dengar Ada Kasus Terkait Anies di KPK

Redaksi – Minggu, 20 Juni 2021 19:21 WIB

Eramuslim.com – Penyidik senior KPK Novel Baswedan berbicara perihal isu yang menyebutkan bahwa dia tidak berani mengusut kasus dugaan korupsi yang menyeret Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Novel pun menepis anggapan tersebut.

Novel Baswedan Belum Pernah Dengar Ada Kasus Terkait Anies di KPK

Awalnya, Novel sudah mengetahui anggapan yang beredar bahwa dia takut mengusut kasus dugaan korupsi di DKI karena memiliki hubungan keluarga dengan Anies Baswedan. Menurut Novel, anggapan bahwa dia tak berani mengusut kasus dugaan korupsi yang menyeret Anies salah.

“Sebetulnya begini kalau terkait dengan tadi apa kenapa kok Pak Anies nggak diusut korupsi oleh saya. Kebalik karena di KPK itu ada ketentuan tentang conflict of interest, ketika ada korupsi yang dilakukan dengan orang tertentu yang diduga pegawai KPK itu punya hubungan dengan yang bersangkutan. Maka yang bersangkutan harus mendeklarasikan diri bahwa yang bersangkutan conflict of interest, jadi nggak boleh,” kata Novel melalui siaran langsung dari kanal YouTube Public Virtue Institue, Minggu (20/6/2021).

Untuk itu, Novel mengatakan orang lain telah salah menilai dia. Dia menyebut karena conflict of interest itulah yang menjadi dasar dirinya tidak bisa mengusut kasus yang berhubungan dengan anggota keluarga.

“Jadi kalau kemudian dikatakan bahwa kalau ada Bang Anies ada korupsi dan kemudian saya nggak menangani, saya kira salah, karena justru sebetulnya seandainya pun ada perbuatan korupsi, maka saya nggak boleh nanganin, jadi kalau disuruh saya nangani, justru dia menyuruh saya conflict of interest. Jadi saya kira berpikirnya kebalik,” ucapnya.

Novel mengaku belum pernah mendengar soal kasus dugaan korupsi di tubuh Pemprov DKI Jakarta.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending