Sabtu, 20 Rabiul Akhir 1443 H / 27 November 2021

Pasangan Adang-Dani Teken Kontrak Politik dengan Koalisi Buruh Jakarta

Saifudin – Rabu, 2 Rajab 1428 H / 18 Juli 2007 17:10 WIB

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menandatangani kontrak politik dengan koalisi buruh. Penandatanganan kontrak politik dilakukan dalam acara deklarasi dukungan Koalisi Buruh Benahi Jakarta (KBBJ) di Kelapa Gading Sport Mall, Jakarta, Rabu (18/7).

"KBBJ berharap, pasangan Adang-Dani mampu membenahi kondisi kesejahteraan buruh di Jakarta, " ujar Koordinator KBBJ Eddy Zanur di hadapan ribuan massa buruh Jakarta yang memadati ruangan.

Menurutnya, KBBJ melihat akses buruh terhadap kebijakan pemerintah amat lemah, posisi tawarnya di hadapan pengusaha juga rendah, bahkan sering hanya dijadikan komoditas ekonomi belaka (dehumanisasi).

"Secara sosial-ekonomi, buruh Indonesia dipandang berproduktivitas rendah, meskipun mereka telah memeras habis keringatnya. Sementara peluang kerja yang terbatas dan budaya industri yang belum tuntas membuat kegamangan massal di kalangan angkatan kerja baru, " ujar dia.

Eddy Zanur menambahkan, banyak sekali kebijakan-kebijakan eksekutif kota selama ini yang tidak berpihak kepada buruh. Karenanya, buruh harus mengawal dan berpartisipasi penuh dalam keseluruhan proses Pilkada ini.

"Jika persepsi pengusaha adalah kapital maka persepsi buruh adalah kesejahteraan, di sinilah peran penting pemerintah untuk menjembatani kepentingan keduanya dan meletakkan keadilan pada tempatnya. "

Dijelaskannya, KBBJ dibentuk berdasarkan kepeduliaan buruh terhadap suksesnya Pilkada DKI-Jakarta Agustus mendatang. Sebagai komunitas terbesar di Jakarta, buruh berharap ada perubahan ke arah yang lebih baik bagi peningkatan kesejahteraan hidup mereka. "Dan pasangan Adang-Dani kita yakini bisa mewujudkan hal itu, " tandas dia.

KBBJ terdiri dari federasi SP dan serikat-serikat pekerja yang ada di Jakarta. Federasi Serikat Pekerja yang bergabung dalam KBBJ adalah SPSI LEM, SPN, SPMI, ASPEK Indonesia, SBMNI dan SPK. Koalisi ini juga terdiri dari serikat-serikat pekerja mandiri seperti, SP PLN, SP Angkasa Pura I, SP Surveyor, SP Catus PLN, SP Caddy Golf Ancol, SP RS Haji, SP Denso, SP TPK Koja, SP RSPP, dan SP mandiri lainnya.

Tokoh-tokoh yang menghadiri acara tersebut antara lain; Ketua Majelis Syuro PKS KH. Hilmi Aminuddin, Ketua DPW PKS Ir. Tri Wisaksana, Ketua Pemenangan Pilkada DKI Igo Ilham, anggota Komisi IX DPR dari PKS Anshari Siregar, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Ahmad Heriawan, Presiden FSPN Bambang Wirahyoso, Sekjen ASPEK Indonesia Indrayana, Presiden FSPMI Said Iqbal, Sekjen FSBMNI Irma Chaniago, Presiden FSPSI LEM Hikayat Atika Karya dan tokoh lainnya. (dina)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending