Ahad, 9 Jumadil Awwal 1444 H / 4 Desember 2022

Presiden Jokowi Digugat ke PN Jakpus Terkait Dugaan Ijazah Palsu

Redaksi – Rabu, 8 Rabiul Awwal 1444 H / 5 Oktober 2022 07:24 WIB

eramuslim.com  – Presiden Jokowi (Joko Widodo) digugat secara perdata ke Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat. Gugatan tersebut terkait tuduhan ijazah palsu yang digunakan pada proses pemilihan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Pemberitaan ini sudah beredar meluas berdasarkan sumber dari SIPP PN Jakarta Pusat, Gugatan didaftarkan pada Senin, 3 Oktober 2022 oleh Bambang Tri Mulyono (penulis buku Jokowi Under Cover).

Gugatan pun telah teregister dengan nomor perkara 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst. Dalam gugatan ini Bambang menggandeng Ahmad Khozinudin sebagai kuasa hukumnya.

Selain Presiden RI yang menjadi tergugat I, turut tiga tergugat lainnya. Seperti, Komisi Pemilihan Umum/KPU (tergugat II), Majelis Permusyawaratan Rakyat/MPR (tergugat III), dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi/Kemenristekdikti (tergugat IV).

Berikut ini petitum gugatannya:

1. Menerima dan mengabulkan gugatan penggugat untuk seluruhnya.

2. Menyatakan Tergugat I (Jokowi) telah melakukan perbuatan melawan hukum berupa membuat keterangan yang tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu berupa ijazah (bukti kelulusan) Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atas nama Joko Widodo.

3 Menyatakan Tergugat I telah melakukan perbuatan melawan hukum berupa menyerahkan dokumen ijazah yang berisi keterangan yang tidak benar dan/atau memberikan dokumen palsu, sebagai kelengkapan syarat pencalonan Tergugat I untuk memenuhi ketentuan pasal 9 ayat (1) huruf r PER-KPU Nomor 22 Tahun 2018, untuk digunakan dalam proses Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024.

 

 

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending