Jum'at, 23 Jumadil Akhir 1443 H / 28 Januari 2022

Refleksi dan Doa Saat Terjadi Gempa

Redaksi – Jumat, 14 Januari 2022 18:40 WIB

Nah, sementara ada pula ajaran dari para ulama’ yang kami kutip dari situs resmi NU online bahwa saat terjadi gempa hendaknya membaca do’a berikut…

اَللَّهُمّ إِنّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا، وَخَيْرَ مَا أَرْسَلْتَ بِهِ؛ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا، وَشَرِّمَافِيْهَا وَشَرِّمَا أَرْسَلْتَ بِهِ

Allahumma innii as’aluka khoirohaa, wa khoiromaa fiihaa wa khoiro maa arsalta bih, wa a’udzubika min syarrihaa wasyarri maa fiihaa wa syarri maa arsalta bih.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang didalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi didalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Doa di atas adalah potongan hadis nabi, dengan status hasan, walaupun sebenarnya doa tersebut tidak terkait langsung dengan gempa. Namun boleh-boleh saja digunakan dalam situasi apapun. Selama subtansi teks dan niat kita untuk memohon keselamatan kepada Allah. (Okz)

Oleh: Fauzan Amin, S.THI
Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia (ISQH)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2Lihat semua

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending