Sabtu, 24 Zulqa'dah 1443 H / 25 Juni 2022

Said Didu Ungkap Elon Musk Tak Serius Bangun Pabrik Baterai, Alasannya 80 Persen Nikel Indonesia Dikuasai China

Redaksi – Rabu, 8 Syawwal 1443 H / 11 Mei 2022 13:10 WIB

eramuslim.com – Mantan Sekretaris BUMN, Said Didu mengatakan CEO Tesla, Elon Musk tak serius berinvestasi di Indonesia dengan membangun pabrik baterai mobil.

Alasan utamanya, kata Said Didu adalah Elon Musk tahu jika hampir seluruh tambang nikel di Indonesia sudah dikuasai negara luar utamanya China.

“Sepertinya @elonmusk paham bahwa sudah sekitar 80% nikel di Indonesia sudah diserahkan ke Asing/China sehungga tidak terlalu serius bangun pabrik baterei di Indonesia yang menggunakan nikel,” kata Said Didu dikutip Fajar.co.id, Rabu (11/5/2022).

Said Didu menyebut jika pabrik baterai dibangun, maka yang paling diuntungkan adalah China.

“Jika pabrik baterei mobil jadi dibangun di Indonesia maka yang paling menikmati adalah China (pemilik nikel),” sebutnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo dijadwalkan bertemu dengan Bos SpaceX itu dalam lawatannya ke Amerika Serikat.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sudah menemui Elon Musk di kantornya.

Luhut mengatakan, Elon Musk menganggap industri nikel Indonesia sangat menjanjikan dapat memasok bahan baku baterai mobil listrik.

“Paling melegakan bagi saya adalah saat Elon menyampaikan alasan ketertarikannya kepada kerja sama kali ini, yaitu karena paparan saya tentang potensi besar industri nikel di Indonesia yang mengubah persepsinya,” tuturnya. [Fajar]

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending