Sabtu, 9 Safar 1443 H / 18 September 2021

Sambut Pertemuan PPP-PKS, Yusril Dorong Koalisi Partai Islam

Redaksi – Kamis, 2 Ramadhan 1442 H / 15 April 2021 17:15 WIB

Eramuslim.com – PPP dan PKS bertemu dan mewacanakan poros partai Islam pada Pemilu 2024. Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mendukung wacana tersebut sembari mendorong pembentukan koalisi partai Islam.

Kuasa hukum capres Joko Widodo dan Maruf Amin, Yusril Ihza Mahendra (kanan) mengunjungi narapidana kasus terorisme Abu Bakar Baasyir (tengah) di Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat , Jumat (18/1/2019). Abu Bakar Baasyir akan dibebaskan dengan alasan kemanusiaan karena usia yang sudah tua dan dalam keadaan sakit serta memerlukan perawatan. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/pras.

“Saya selalu menyambut baik setiap gagasan dan niat untuk menyatukan partai-partai Islam, baik dalam bentuk koalisi, aliansi, bahkan peleburan partai-partai Islam menjadi satu kekuatan,” kata Yusril kepada wartawan, Kamis (15/4/2021).

Yusril menyebut gagasan besar penyatuan partai Islam memang tidak mudah.

Yusril menyebut partai sering kali terpecah bukan karena masalah fundamental terkait ideologi atau prinsip perjuangan, tetapi karena perbedaan kepentingan politik praktis di lapangan.

“Untuk menyatukan partai-partai Islam dapat dimulai dengan pembentukan koalisi partai, yang harus mendapat legitimasi undang-undang, baik UU Parpol maupun UU Pemilu,” kata Yusril.

“Partai-partai Islam bisa saja tampil dengan satu partai koalisi dalam pemilu, katakanlah misalnya diberi nama Partai Koalisi Islam yang terdiri atas beberapa partai Islam peserta pemilu. Tanda gambar peserta pemilunya terdiri atas beberapa partai Islam yang bergabung dalam koalisi itu,” imbuh Yusril.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending