Senin, 17 Rabiul Akhir 1441 H / 16 Desember 2019

Sehari Jelang Pelantikan, PB HMI Keluarkan 9 Maklumat Untuk Presiden Jokowi

Redaksi – Sabtu, 18 Safar 1441 H / 19 Oktober 2019 12:00 WIB

Eramuslim.com -Kondisi Indonesia saat kini sedang dalam keadaan tidak baik. Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) mengeluarkan 9 maklumat kepada Joko Widodo sebelum dilantik sebagai Presiden untuk periode kedua pada 20 Oktober 2019.

Ketua Bidang Politik dan Pemerintah PB HMI, Abdul Aziz mengatakan, sejak awal 2019 Indonesia dihadapkan proses demokrasi yakni Pileg dan Pilpres serentak. Namun, proses pemilu itu mengalami dinamika sosial yang menghadirkan potensi perpecahan di tengah berbangsa dan bernegara.

“Kondisi ini dapat terlihat di tengah kehidupan masyarakat yang multikulturalisme, dengan berbagai ketidakpastian informasi, politik, hukum, ekonomi, sosial dan budaya. Tidak hanya itu, bencana alam, pelanggaran HAM, Korban kematian penyelenggara pemilu, konflik horizontal atas nama etnis dan radikalisme seakan sedang melanda bangsa kita,” ucap Abdul Aziz, Sabtu (19/10).

Sehingga, kata Abdul, Jokowi bersama wakilnya nanti Maruf Amin harus mengeluarkan kebijakan yang berpihak kepada rakyat sebagaimana cita-cita Pancasila dan UUD 1945.

“Atas dasar itulah, Himpunan Mahasiswa Islam sebagai organisasi perjuangan berbasis mahasiswa yang senantiasa memberikan kontribusi pikir dan sikap sebagai ‘agent of change’, dengan ini memberikan maklumat kepada Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024,” tegasnya.

9 maklumat dari PB HMI kepada Jokowi-Maruf sebagai berikut:

1. Menegaskan kepada Presiden untuk menciptakan iklim demokrasi yang sehat dan berkeadilan serta menjunjung tinggi hak-hak kebebasan berpendapat.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending