Rabu, 16 Rajab 1444 H / 8 Februari 2023

Setelah Akui Pancasila, Abu Bakar Ba’asyir Kini Ikut Upacara Peringatan HUT RI ke-77

Redaksi – Rabu, 18 Muharram 1444 H / 17 Agustus 2022 10:10 WIB

Abu Bakar Ba’asyir Mengakui Pancasila¬†

Ustadz Abu Bakar Ba’asyir belum lama ini mengakui pancasila sebagai dasr negara yang sah. Pengakuan itu tersebar melalui sebuah video yang viral di media sosial.

Dalam pengakuannya Ba’asyir mengatakan, pancasilan merupakan kesepakatan ulama. Sehingga dasar dari pancasila adalah tauhid sebagai mana tertuang dalam sila pertama Pancasila.

“Indonesia berdasar Pancasila kenapa disetujui ulama? Karena dasarnya tauhid, Ketuhanan Yang Maha Esa,” kata Ba’asyir dalam video yang tersebar pada Selasa 8 Juli 2022.

Ba’asyir mengakui bahwa pemahaman Pancasila ini merupakan hal baru baginya. Sebab dulu Ba’asyir menganggap Pancasila sebagai sesuatu yang syirik.

“Ini juga pengertian saya terakhir, dulu-dulunya saya bilang Pancasila itu syirik, tapi setelah saya pelajari berikutnya, ndak mungkin ulama menyetujui dasar negara syirik itu ndak mungkin,” tambahnya.

Ustadz Abu Bakar Ba’asyir merupakan pendiri Pesantren Al Mukmin di Ngruki, Sukoharjo, Jawa Tengah. Dia ditangkap pada tahun 2010 dan divonis 15 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Ia terbukti merencanakan dan menggalang dana untuk pembiayaan pelatihan militer di Aceh.

Ba’asyir baru dinyatakan bebas murni pada awal Januari 2021 lalu usai menjalani masa tahanan 9 tahun 6 bulan. Dari vonis tersebut, ia mendapat remisi 55 bulan. [FIN]

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2Lihat semua

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending