Rabu, 8 Rabiul Awwal 1444 H / 5 Oktober 2022

Yakin Ferdy Sambo Bisa Dipidana Mati? Refly Harun: Itu Hanya Ancaman di Atas Kertas!

Redaksi – Kamis, 12 Muharram 1444 H / 11 Agustus 2022 10:55 WIB

eramuslim.com – Pakar hukum tata negara Refly Harun mengomentari pasal pidana mati yang disangkakan kepada mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo atas kasus pembunuhan Brigadir Yoshua atau Brigadir J.

Refly Harun menilai, pasal itu hanyalah bentuk ancaman di atas kertas dan belum tentu bisa terwujud.

“Itu adalah ancaman di atas kertas. Tapi apakah jaksa nanti akan mengenakan hukuman itu?” kata Refly Harun seperti dilansir chanel YouTube-nya, Kamis 11 Agustus 2022.

Bukan tanpa alasan Refly Harun meragukan ancaman hukuman mati bisa terwujud. Sebab Refly mengingat kasus korupsi bantuan sosial (bansos) yang dilakukan oleh mantan Menteri Sosial Juliari Batubara.

Saat itu Ketua KPK, Filri Bahuri sesumbar akan terapkan pidana mati. Namun, seiring proses kasus tersebut, Juliari Batubata hanya dituntut 10 tahun penjara. Kemudian divonis 11 tahun penjara tanpa banding.

“Saya ingat komentar Ketua KPK yang mengancam hukuman mati kepada mantan Menteri Sosial Juliari Batubara karena melakukan sebuah tindak pidana korupsi, yang memenuhi kualifikasi untuk ancaman hukuman mati,” kata Refly.

“Tapi ternyata tidak. Malah ancaman hukumannya ringan-ringan saja cuma 10 tahun lalu divonis 11 tahun tidak meminta banding,” imbuhnya.

“Jadi kita tidak tahu tuntutan kepada Ferdy ini seandainya di dianggap betul-betul bersalah. Apakah dituntut hukuman mati, ataukah seumur hidup ataukah di bawa 20 tahun saja. Kita lihat ya,” katanya lagi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Nasional Lainnya

Trending