Selasa, 20 Zulhijjah 1441 H / 11 Agustus 2020

Butuh Uang, Presiden Lelang Barang

Redaksi – Sabtu, 29 Ramadhan 1441 H / 23 Mei 2020 18:25 WIB

Eramuslim.com – Jokowi lelang motor, Sukarno lelang peci. Ini prank ala M. Nuh dan Anang.

*

Motor listrik Gesits milik Presiden Joko Widodo dilelang dalam acara konser virtual “Berbagi Kasih Bersama Bimbo” pada Minggu, 17 Mei 2020. Motor bertanda tangan Jokowi itu laku Rp2,5 miliar.

Pemenangnya M. Nuh yang disebut sebagai pengusaha dari Jambi. Ternyata, setelah ditelusuri, ia adalah buruh harian lepas. Ia mengira telah menang hadiah dalam acara lelang itu. Warganet pun menyebutnya telah nge-prank Jokowi.

Kejadian serupa tapi tak sama pernah dialami Presiden Sukarno. Sama-sama lelang di bulan puasa, bedanya Jokowi melelang motornya untuk warga terdampak pandemi virus corona (Covid-19) sedangkan Sukarno melelang peci untuk zakat fitrah.

Sukarno tak punya uang menjelang lebaran. Ia meminta bantuan orang kepercayaannya, Roeslan Abdulgani. Roeslan mulai dekat dengan Sukarno saat menjabat sekretaris jenderal Konferensi Asia Afrika tahun 1955. Setelah itu, ia menjabat menteri luar negeri, wakil ketua Dewan Pertimbangan Agung, menteri penerangan, dan wakil perdana menteri.

Roeslan disebut sebagai orang yang mampu menangkap kebijakan dan doktrin politik Sukarno, yaitu Manipol Usdek (Manifestasi Politik/UUD 1945, Sosialisme Indonesia, Demokrasi Terpimpin, Ekonomi Terpimpin, dan Kepribadian Indonesia), untuk disampaikan kepada masyarakat. Sehingga dia dijuluki Jubir Usman (Juru Bicara Usdek Maniol).

Roeslan juga mampu mendapatkan uang untuk Sukarno. Caranya dengan melelang peci bekas Sukarno.

Sukarno memang bukan yang pertama memakai peci. Sebelumnya, tokoh-tokoh pergerakan telah memakainya. Namun, Sukarno-lah yang mempopulerkannya. Dalam otobiografinya, Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat Indonesia, Sukarno menyebut peci sebagai “ciri khas saya… simbol nasionalisme kami”.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berlindung di dalam Sarung

Minggu, 17/05/2020 12:00

Ramadan Hamka di Penjara

Jumat, 15/05/2020 07:00

Historia Lainnya

Trending