Selasa, 20 Zulhijjah 1441 H / 11 Agustus 2020

Polisi Sejujur Hoegeng pun Pernah Disetrap Bung Karno

Redaksi – Kamis, 10 Zulqa'dah 1441 H / 2 Juli 2020 06:00 WIB

Eramuslim.com – Hoegeng yang dikenal sebagai polisi jujur itu pernah mendapat hukuman dari presiden pertama RI. Apa gerangan yang terjadi?

*

Masa revolusi mempertemukan Hoegeng Iman Santoso dengan Presiden Sukarno. Pada pidato kenegaraan 17 Agustus 1947 di Yogyakarta, Hoegeng diperbantukan sebagai pengawal Bung Karno. Waktu itu Hoegeng tercatat sebagai mahasiswa Akademi Kepolisian Mertoyudan angkatan pertama (kini Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian).

Suatu hari, Hoegeng ditugaskan komandannya untuk mengawal Sukarno ke suatu tempat. Entah bagaimana ceritanya, dia lupa sarapan saat itu. Jadilah di tengah gegap gempitanya pidato Bung Karno itu, perut Hoegeng keroncongan. Sadar Bung Karno kalau pidato memakan waktu berjam-jam, Hoegeng lantas bersiasat guna memenuhi panggillan alam dari lambungnya.

“Karena saya tahu pidatonya bakal lama sekali, saya memberanikan diri njlintis (menyelinap) ke dapur,” tutur Hoegeng kepada wartawati Tempo Leila S. Chudori, 22 Agustus 1992 yang kemudian termuat dalam jilid ketiga Memoar Senarai Kiprah Sejarah.

Di dapur, Hoegeng bersua dengan Hasan Din. Namun kala itu, dia sepertinya kurang begitu mengenal Hasan Din yang tidak lain ayah dari sang ibu negara Fatmawati. Terjadilah perbincangan singkat antara Hoegeng dan Hasan Din.

“Lho, ada apa?” tanya Hasan Din.

“Saya lapar,” kata Hoegeng memelas.

“Yoo, ayo makan…” sambut Hasan Din dengan ramah tamah.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Nabi Muhammad pun Perangi Pengkhianat

Selasa, 30/06/2020 11:30

Ketika Soeharto Marah pada Menteri

Selasa, 30/06/2020 06:00

Historia Lainnya

Trending