Sabtu, 17 Zulhijjah 1441 H / 8 Agustus 2020

Sejarah dan Misteri Wilayah Ancol Jakarta

Redaksi – Senin, 7 Zulqa'dah 1441 H / 29 Juni 2020 08:00 WIB

Konon wanita tersebut tak lain adalah sang tokoh legendaris ‘Si Manis Jembatan Ancol’. Kabarnya management hotel membuat kamar khusus untuk si hantu manis ini. Tidak percaya datang saja sendiri.

Masih dari kawasan Ancol, Jakarta Utara. Selain Hotel Horison, Putri Duyung Ancol juga memiliki cerita. Disalah satu bangunan putri duyung Ancol pernah ada suatu kejadian di mana seorang wanita simpanan terbunuh secara mengenaskan.

Selain jembatan Ancol, kali sunter Ancol juga dianggap angker oleh masyarakat sekitar. Dahulu, di kali ini pernah ada kejadian yang menewaskan banyak orang, yaitu terperosoknya metro mini ke dalam kali sunter. Sehingga sebagian besar penumpangnya tenggelam.

Jalan RE Martadinata Amblas di Depan Jembatan Ancol

Pada tahun 2009, Jalan Martadinata tiba-tiba amblas sepanjang 100 meter pas didepan jembatan Ancol yang dulu terkenal Si Manis jembatan ancol. Kejadian ini menambah misteriusnya Jembatan ini karena saat jalanan itu amblas dan sedang ada syuting film Si Manis Jembatan Ancol.

Banyak kisah spiritual di Jembatan ini sejak dari dulu, jalan dekat jembatan yang amblas ini banyak pengemudi melempar koin atau membunyikan klakson kalau kendaraan mereka lewat jembatan si manis ini.

Sampai ada yang menyarankan untuk memotong kepala kerbau sebagai syarat ketika jalanan itu dibangun/perbaiki,tetapi tidak menghiraukan. Yang menjadi aneh tapi nyata justru kejadian amblasnya jalan tersebut ketika tidak dilalui satu kendaraanpun,  dan air laut sedang surut.

Padahal jika dilihat beberapa jam sebelumnya atau di bawah pukul 21:00 hingga siang harinya jalan itu dilalui ribuan kendaraan berat seperti trailer dan mobil pribadi serta motor, tapi tidak amblas. Justru saat pagi buta pukul 03:00 jembatan itu amblas.

“Kerugian ditaksir mencapai Rp. 2,8 miliar,” kata Direktur Wilayah II Bina Marga saat ditemui di lokasi kejadian, Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara.

Sebagaimana diberitakan, penyebab ambruknya jalan RE Martadinata ke arah Pelabuhan Tanjung Priok masih diselidiki. Dugaan awal, intrusi air laut sebagai pemicu amblesnya jalan sepanjang sekitar 200 meter arah Ancol menuju Tanjung Priok, Jakarta Utara, itu. Jalan itu ambles sedalam sekitar tujuh meter pada Kamis (16/9/2009) dini hari.

Kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa dan sebab terjadinya kejadian ini telah pula di ambil kesimpulan yaitu karena faktor alam.

“Dugaan awal karena adanya pengikisan tanah oleh air laut, tapi penyebab utamanya masih kita selidiki,” kata petugas Kementerian Pekerjaan Umum Yudo Mukrianto di lokasi kejadian.

Mungkinkah ambrolnya Jl. RE Martadinata karena pengaruh kekuatan gaib hantu Si Manis Jembatan Ancol, yang makin merasa terganggu oleh hilir-mudiknya kendaraan bermotor?

Pengalaman Aneh Saat Syuting Si Manis Jembatan Ancol

Selama dua tahun, yaitu tahun 1994 – 1996, Kiki Fatmala yang berperan sebagai Mariam dalam sinetron Si Manis Jembatan Ancol, harus syuting di sekitar Ancol, termasuk di Jl. RE. Martadinata. Film ini adalah film baru, sedangkan film aslinya Si Manis Jembatan Ancol justru sudah dibuat pada tahun 1973.

Pengalaman-pengalaman aneh dan seram pun dialami Kiki dan kru sinetron tersebut. “Banyak banget keanehan. Misalnya,  tv monitor tiba-tiba hilang. Dicari ke mana saja nggak ketemu. Eh, dua hari kemudian ditemukan tergantung di atas pohon di Ancol,” ceritanya Kiki Fatmala.

Poster film Si Manis Jembatan Ancol (1973) Director: Turino Junaidy, Writer: Turino Junaidy, Stars: Farouk Afero, Kris Biantoro and Nadia Giovanna

Ditambahkannya, beberapa pemain figuran dan kru juga ada yang tiba-tiba kesurupan. “Biasanya kalau syuting di tempat-tempat angker seperti di Jl. RE Martadinata dan di sekitar Ancol, kita dilarang melanggar aturan,” kata Kiki Fatmala.

“Aturan itu misalnya seperti nggak boleh bicara atau berbuat seenaknya atau buang air kecil seenaknya. Nah, itu yang banyak dilanggar para figuran dan kru, akhirnya mereka kesurupan,” terang Kiki.

kuburan Belanda di Ancol

Dituturkannya, ketika syuting di Jl. RE. Martadinata, Kiki merasa seperti ada sosok lain yang selalu memperhatikannya.

Tetapi, dia tidak tahu pasti apakah sosok itu adalah hantu Si Manis Jembatan atau bukan.

“Mungkin juga hanya perasaan gue aja, karena terbawa oleh peran yang gue mainkan,” imbuhnya.

Seiring berjalannya waktu, cerita demi cerita mistis yang penuh misteri tentang Ancol dan kawasan sekitarnya mulai marak , dan mitos ini sudah dimulai sejak puluhan tahun bahkan ratusan tahun sebelumnya.

Dan kisah-kisah misteri masa lalu di kawasan Ancol ini akan tetap ada, dari generasi ke generasi, seperti kisah-kisah misterius sebelumnya yang sudah ada selama puluhan tahun lalu. (berbagai sumber/ Tropen Museum/ merdeka/ wikipedia/ poskota/ kompas)

Arsip Pembunuhan di Ancol:

29 Januari 2010, mayat perempuan hamil ditemukan tewas di dekat pintu masuk Ancol. Pelaku pembunuhan adalah oknum anggota TNI pangkat Pratu. Korban yang diketahui bernama Mia (21) warga Tomang hilang sejak Selasa 26 Januari. Dia dibunuh pacarnya yang menolak bertanggung jawab atas kehamilan. Korban tewas setelah dibenamkan di selokan oleh tersangka. Motif pembunuhan karena pelaku menolak bertanggung jawab atas kehamilan korban. Ditemukan juga janin berukuran sekira 20 centimeter di celana korban.

27 September 2012, mayat pria yang tak diketahui identitasnya dan diperkirakan berumur 20-30 tahun ditemukan tewas tenggelam di Beach Pool, Ancol. Mayat diketahui pertama kali oleh pengunjung.  Dia tewas tanpa memakai baju hanya celana warna kream. Kemungkinan korban tewas karena korban ditemukan melewati tanda batas yang dilarang untuk berenang disana. Kemungkinan dia terbawa arus.

13 Maret 2013, ditemukan potongan mayat di gudang lantai dasar ruko nomor 26D Apartemen Mediterania Marina, Ancol, oleh seorang satpam gudang ruko. Awalnya ditemukan mayat dipotong 3 bagian, lalu bertambah jadi 4 bagian. Lalu ternyata mayat itu terpotong 11 bagian. Tubuh korban yang diketahui bernama Tonny Arifin Djomin (45) terpotong-potong dan dimasukkan ke dalam tas dan 3 kardus lalu ditumpuk di gudang. Sedangkan kepala korban dimasukkan ke dalam tas. Sebelumnya ada laporan orang hilang dari seorang wanita ke pihak kepolisian yang ternyata adalah istri korban. Kala itu Tonny izin kepada istri hendak menagih utang. Diduga pembunuhan ini bermotif utang piutang.

GALLERIES :

(Sumber: Indocropcircles)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Hoegeng, Polisi Anti Suap

Selasa, 23/06/2020 17:37

Historia Lainnya

Trending