Sabtu, 4 Rabiul Awwal 1444 H / 1 Oktober 2022

Cekik Bapak, Suburkan Anak

Redaksi – Senin, 12 Jumadil Akhir 1443 H / 17 Januari 2022 07:13 WIB

Oleh M. Rizal Fadillah, Pemerhati Politik dan Kebangsaan

SEMAKIN menarik kelanjutan pelaporan Dosen UNJ Ubedilah Badrun ke KPK soal dugaan tindak pidana korupsi atau tindak pidana pencucian uang Gibran Rakabuning Raka dan Kaesang Pangarep. Bisnis kedua putera Presiden mulai ramai diusut dan dibongkar-bongkar. Termasuk pebisnis atau cukong yang berada di belakangnya.

Adalah Gandi Sulistiyanto Direktur Utama PT Sinar Mas yang menjadi relasi bisnis Gibran dan Kaesang melalui kerjasama putera Gandi yang bernama Anthony Pradiptya dengan kedua putera Presiden dalam membentuk PT. Wadah Masa Depan induk usaha Gibran dan Kaesang. Anthony sebagai Direktur Utama dan  Gibran sebagai Komisaris Utama. Kaesang sendiri sebagai Direktur.

Ketiganya juga bekerjasama dalam PT. Harapan Bangsa Kita atau yang dikenal dengan “GK Hebat” dimana Antony Pradiptya sebagai Direktur dan Kaesang Komisaris. Perusahaan ini terafiliasi dengan Sinar Mas Grup. Karenanya Gandi tentu berperan sebagai mentor anak-anak muda berbisnis dan  memberi arah menuju penguatan usaha.

Suburlah anak-anak. Bapak yang berada di jabatan politik sulit untuk lepas dari relasi bisnis ini. Di tengah sistem politik yang oligarkhis dan korporatis, maka sangat mungkin Presiden dikendalikan oleh pemilik modal. Anak-anak adalah bagian dari proses politik oligarkhis tersebut. Akhirnya bapak pun tercekik. Kini Gandi Sulistiyanto sukses diangkat menjadi Duta Besar Korea Selatan.

Untuk menguak kebenaran dari gambaran tersebut, maka menjadi penting adanya pengusutan terbuka laporan Ubedilah Badrun ke KPK. Dugaan korupsi atau pencucian uang yang dilakukan oleh Gibran dan Kaesang tidak boleh dibiarkan mengambang dan dalam ketidakpastian. Apapun hasilnya KPK harus mulai melakukan pengusutan. Publik berhak tahu.

 

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Wes Wayahe Denny Siregar

Minggu, 16/01/2022 13:21

Lanjut Usut Denny Siregar

Sabtu, 15/01/2022 07:54

Jokowi Di Bawah Lima Tekanan Berat

Jumat, 14/01/2022 12:54

Opini Lainnya

Trending