Rabu, 9 Ramadhan 1439 H / 23 Mei 2018

Penyelidik Kasus Hukum Jadi Job Baru Perempuan Arab Saudi

zahid – Selasa, 28 Jumadil Awwal 1439 H / 13 Februari 2018 14:30 WIB

Eramuslim – Setelah diperbolehkan menonton pertandingan sepak bola bulan, mengendari mobil sendiri dan menjadi sopir taksi, kini para wanita Arab Saudi kini punya satu lagi pilihan untuk berkarir.

Karir baru tersebut adalah penyelidik dalam kasus hukum. Kesempatan ini dibuka bagi siapa saja yang memenuhi kualifikasi untuk posisi tersebut. Tentunya dengan jalur pendidikan yang sesuai. Proses rekrutmen sudah mulai dibuka Senin lalu.

Pengumuman lowongan pekerjaan ini dipublikasikan sejak Ahad lalu dengan batas pendaftaran pada 3 Maret mendatang. “Para peminat kesempatan ini juga diwajibkan lolos dari uji kemampuan dan kesehatan,” ujar Jaksa Agung Sheikh Saud Al-Mojeb.

Al-Mojeb mengatakan begitu terpilih, maka sang wanita penyelidik akan menangani berbagai kasus dalam kapasitas sebagai penyelidik kriminal, bersaksi di pengadilan dan berbagai peran eksekutif tambahan lainnya.

“Lowongan pekerjaan ini tersedia untuk perempuan dengan jenjang pangkat letnan investigator,” kata juru bicara Kementerian Informasi.

Peluang karir ini menambah satu lagi sektor di masyarakat Arab Saudi yang mengubah wajah masyarakat konservatif kegiatan tersebut. Hal ini sebagai bagian dari rencana reformasi pasca ketergantungan terhadap minyak.

Program rekrutmen ini sejalan dengan Vision 2030 yang dicanangkan Putra Mahkota Mohammed bin Salman yang melihat pentingnya memberi peluang bagi perempuan untuk mengisi sepertiga dari lapangan pekerjaan. Saat ini hanya 22 persen dari lapangan pekerjaan yang diisi wanita.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Lainnya

Trending