Rabu, 14 Rabiul Awwal 1441 H / 13 November 2019

Redam Ketegangan, Carrie Lam Kunjungi Masjid Kowloon Yang Kena Semprot Polisi

Redaksi – Senin, 20 Safar 1441 H / 21 Oktober 2019 17:30 WIB

Eramuslim.com -Pemerintah Hong Kong bergerak cepat dalam meredam potensi ketegangan dengan komunitas muslim. Sebuah masjid di Kowloon yang terkena semprotan meriam air polisi bisa menjadi pemicu ketegangan tersebut.

Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam langsung berkunjung ke masjid yang sempat berubah menjadi biru karena semprotan polisi tersebut pada Senin (21/10).

Lam datang bersama dengan Kepala Polisi Stephen Lo melakukan kunjungan singkat ke Masjid Kowloon diiringi para penjaga keamanan. Dalam kunjungan selama 20 menit tersebut, Lam dan Lo bertemu dengan perwakilan masjid.

Menurut penuturan Imam Masjid, Muhammad Arshad, keduanya datang untuk meminta maaf perihal insiden meriam air. Mereka juga berharap dapat hidup berdampingan dengan damai bersama komunitas Islam.

Perwakilan Masjid kemudian berterima kasih kepada jamaah dan warga Hong Kong yang telah berbondong-bondong membersihkan masjid segera setelah insiden kemarin.

Pada Minggu (20/10), dalam sebuah video di media sosial, ketika terjadi aksi kejar-kejaran antara pengunjuk rasa dan petugas keamanan, terlihat sebuah truk berhenti di depan masjid dan kemudian menyemprotkan air berwarna biru tua.

Setelah unjuk rasa berakhir, beberapa demonstran kemudian membantu membersihkan masjid.

Polisi mengatakan masjid itu secara tidak sengaja terkena semprot. Mereka menegaskan, menghormati kebebasan beragama dan akan berusaha untuk melindungi semua tempat ibadah.

Masjid Kowloon sendiri dibangun pada akhir abad ke-19 untuk tentara Muslim dari India yang dikuasai Inggris. Hingga saat ini, Masjid Kowloon telah menjadi pusat komunitas Muslim di Hong Kong yang berjumlah 300.000 orang.(kl/rmol)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Eggy Akhirnya Dibebaskan

Senin, 21/10/2019 17:05

HNW: Marwah Prabowo Hilang…

Senin, 21/10/2019 17:00

Berita Lainnya

Trending