Rabu, 12 Rabiul Akhir 1441 H / 11 Desember 2019

Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik Se-Dunia Ini, Hapus Matematika, Fisika, dan Kimia Dari Kurikulum 2020

Redaksi – Jumat, 12 Juli 2019 05:57 WIB

large_1380344784Eramuslim.com – Pernahkah ketika belajar dan mengingat rumus-rumus sulit tentang matematika atau kimia, Anda atau anak Anda dulu berpikir, :Buat apa mempelajari ini semua, toh nanti kalau sudah bekerja semua ini tidak akan terpakai?” Jika pernah, maka Anda termasuk banyak orang yang dulu pernah berpikir seperti itu. Dan Finlandia, negeri dengan sistem pendidikan terbaik di dunia akan menghapus mata pelajaran-mata pelajaran eksak dan spesialis seperti itu mulai tahun 2020.

Finlandia yang menjadi salah satu negara barometer pendidikan terkemuka di dunia bakal melakukan perombakan paling radikal dalam sistem pendidikan modern. Mulai tahun 2020, negara ini menghapus setahap demi setahap mata pelajaran individual seperti matematika, kimia, dan fisika. Sebagai gantinya, siswa diajarkan tentang topik-topik atau fenomena yang luas dan aktual sehingga tak ada lagi pertanyaan seperti “apa gunanya belajar mata pelajaran ini?”

Langkah revolusioner itu dilakukan berdasarkan uji coba sejak dua tahun lalu yang menghapus mata pelajaran individual untuk pelajar usia 16 tahun di Helsinki, ibu kota negara. Selain itu, 70 persen guru SMA di Helsinki dilatih dengan pendekatan baru tersebut. Hasil uji coba menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan diuntungkan.

Richard Garner dari The Independent melaporkan bahwa output terukur dari murid telah membaik sejak sistem baru diperkenalkan. Cetak biru Kyllonen atau kurikulum pendidikan baru yang merujuk nama Marjo Kyllonen, Manajer Pendidikan Helsinki, akan dipublikasikan akhir bulan ini.  Kurikulum baru itu bakal diterapkan pada tahun 2020.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

Baca Juga

Tahukah Anda Lainnya

Trending