Selasa, 13 Zulhijjah 1441 H / 4 Agustus 2020

Kesan Raja Romawi Setelah Menerima Surat dari Nabi Muhammad

Jika yang telah kau katakan adalah benar, maka ia akan dapat memiliki tempat kedua kakiku berdiri ini. Aku tahu bahwa ia akan diutus. Aku tidak menyangka ternyata dia dari bangsa kalian. Jika saja aku dapat memastikan bahwa aku akan bertemu dengannya, niscaya aku memilih bertemu dengannya. Jika aku ada di sisinya, pasti aku cuci kedua kakinya (Sebagai bentuk penghormatan).

Kemudian, Raja Heraclius meminta diambilkan surat dari Nabi Muhammad itu lalu dibacanya. Setelah selesai dari membaca surat, ramailah suara-suara di sampingnya dan semakin gaduh. Abu Sufyan pun diperintahkan untuk keluar.

Abu Sufyan kemudian berkata, “Aku katakan kepada sahabat-sahabatku ketika kami keluar, Sungguh masalah anak Abi Kabsyah (Muhammad) ini semakin runyam, sungguh ia ditakuti raja orang kulit kuning. Maka aku senantiasa selalu meyakini perkara Rasulullah bahwa ia akan meraih kejayaan hingga akhirnya Allah memasukanku ke dalam agama Islam.”

Inilah yang dilihat Abu Sufyan dari pengaruh surat Nabi Muhammad kepada Raja Romawi. Di antara kesan surat itu adalah, dia menghadiahi hadiah berupa uang dan pakaian kepada Dihyah bin Khalifah bin al-Kalbi, pembawa surat Nabi itu. (Rol)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2 3 4

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Sains Alquran: Mengenal Biota Laut

Selasa, 14/01/2020 15:30

Tahukah Anda Lainnya

Trending