Senin, 21 Jumadil Akhir 1441 H / 17 Februari 2020

Sains Alquran: Anggur Buah Kesukaan Rasulullah

zahid – Jumat, 14 Februari 2020 17:00 WIB

Agak sulit menguraikan manfaat dan keistimewaan yang dikandung oleh buah anggur. Sebagian ahli gizi menyetarakannya dengan susu, namun sebagian ahli lainnya menegaskan bahwa anggur memiliki keistimewaan yang tak dimiliki oleh susu.

Apa pun itu, anggur pastinya merupakan buah yang paling banyak manfaat dan produk yang dihasilkannya. Tidak hanya itu, anggur berperan penting dalam pertumbuhan, penguatan, dan perbaikan jaringan tubuh serta dapat mengobati dan mencegah terjadinya berbagai penyakit.

Anggur merupakan buah yang paling kaya kandungan vitaminnya, khususnya vitamin A, B, dan C. Kandungan mineral anggur pun cukup tinggi, yaitu potassium yang mencapai 62%, kalsium, magnesium, fosfor, dan zat besi yang mencapai 2,182%, asam dan fosfor sebanyak 17%.

Anggur pun kaya akan gula dan zat astringent. Banyaknya jenis anggur memberikan sejumlah pilihan untuk disukai sesuai selera. Uniknya, semua jenis anggur bermanfaat dan mengandung keistimewaan yang dapat dijadikan obat.

Anggur sangat berguna, mulai dari kulit sampai bijinya. Kulitnya mengandung zat astringent, asam, zat mineral, dan minyak yang berguna untuk membersihkan usus.

Banyak makan anggur tidak memiliki efek samping bagi manusia, meskipun dimakan sampai tiga kilogram sehari misalnya. Namun, syaratnya usus harus cukup sehat dan tidak sedang mengalami peradangan.

Anggur bisa dipetik atau dipanen sepanjang tahun, yaitu dipetik saat sudah matang di akhir musim panas dan pada musim gugur. Adapun di musim dingin, biasanya dipetik dan dikeringkan, lalu dijadikan kismis.

Di Irak, anggur lazim disebut kisymisy, yaitu anggur yang dikeringkan dan diawetkan. la merupakan anggur lembut yang sangat istimewa dengan kandungan vitamin dan mineral yang kaya.

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Tahukah Anda Lainnya

Trending