Sabtu, 24 Zulqa'dah 1443 H / 25 Juni 2022

Tidak Ditemukan dalam Alquran, Apa Arti Minal Aidin Wal Faizin?

Redaksi – Rabu, 1 Syawwal 1443 H / 4 Mei 2022 14:00 WIB

eramuslim.com – Ada banyak hal khusus yang hadir selama perayaan Hari Raya Idul Fitri di Indonesia.

Selain tradisi halal bi halalada pula ucapan minal ‘aidin wal faizin yang biasanya ditunjukkan Muslim Indonesia untuk memohon maaf kepada sesamannya.

Lalu, apakah sudah tahu arti dari ucapan minal ‘aidin wal faizin? Pasalnya, ucapan ini ternyata tidak tertera dalam Alquran secara jelas.

Mengenai ini, Maisarotil Husna dalam artikel ilmiahnya berjudul “Halal bi Halal dalam Perspektif Adat dan Syariat” memberikan penjelasan mengenai makna ucapan tersebut.

Menurut Maisarotil, ucapan minal ‘aidin wal faizin memang tidak bisa kita lepaskan dari Hari Raya Idul Fitri. Sebab, ucapan tersebut secara masif terdengar dalam kehiduoan setiap datang hari besar Islam tersebut.

“Dengan harapan dan doa yang kita ucapkan kepada sanak keluarga dan handai tolan pada Idul Fitri,” katanya dalam artikel yang terbit 2019 lalu.

Untuk melihat makna minal ‘aidin wal faizin, umat Muslim memang tidak dapat merujuk pada Alquran. Pasalnya, bentuk kata-kata tersebut tidak bisa ditemukan di dalam kitab suci umat Islam.

Dari segi bahasa, minal ‘aidin berarti “semoga kita termasuk orang-orang yang kembali”. Makna “kembali” pada kata tersebut berpatokan pada kembali kepada fitrah. Dalam hal ini seperti “asal kejadian”, atau “kesucian”, atau “agama yang benar”.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Lainnya

Trending