Senin, 11 Sya'ban 1441 H / 6 April 2020

Wabah Virus Cina: Orang Asia Cenderung Pakai Masker, Barat Tidak

Redaksi – Jumat, 27 Maret 2020 04:52 WIB

Eramuslim.com – Keluar dari rumah Anda tanpa menggunakan masker di Hong Kong, Seoul atau Tokyo hari ini, mungkin Anda akan mendapatkan tatapan protes dari orang sekitar.

Sejak awal wabah virus corona alias Virus Cina seperti yang dikatakan Trump, beberapa tempat telah sepenuhnya menggunakan masker, dan siapa pun yang terlihat tidak menggunakan, akan berisiko menjadi social pariah.

Tetapi di banyak bagian lain dunia, dari Inggris dan Amerika Serikat hingga Sydney dan Singapura, masih bisa diterima untuk berjalan dengan wajah tanpa masker.

Alasan beberapa negara memakai masker, sementara yang lain tidak, bukan hanya tentang arahan pemerintah dan saran medis. Dilansir di BBC, Kamis (26/3) disebutkan, ini juga tentang budaya dan sejarah.

Sejak dimulainya wabah virus corona, saran resmi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah jelas. Hanya dua jenis orang yang harus memakai masker: mereka yang sakit dan menunjukkan gejala, dan mereka yang merawat orang-orang yang diduga memiliki virus corona.

Namun di beberapa bagian Asia setiap orang sekarang memakai masker, karena ini dipandang lebih aman dan lebih pengertian.  Di China daratan, Hong Kong, Jepang, Thailand, dan Taiwan, mereka berasumsi siapa pun bisa menjadi pembawa virus, bahkan orang sehat.  Jadi dalam semangat solidaritas, Anda perlu melindungi orang lain dari diri Anda sendiri.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Berita Lainnya

Trending