Rabu, 1 Rabiul Awwal 1444 H / 28 September 2022

Program Ramadan di Qatar, Buka Puasa Bersama di Tenda-Tenda

Dua organisasi sosial di Qatar akan menyiapkan ratusan ibu paket makanan berbuka puasa sebagai salah satu kegiatan harian selama bulan Ramadan mendatang.

Dana Zakat akan menyediakan makanan berbuka puasa bagi 200.000 pekerja berpendapatan rendah, yang akan dipusatkan di delapan lokasi di Qatar. Dalam keterangannya, Ketua Proyek Buka Puasa Bulan Ramadan dari lembaga Dana Zakat, Mohamed Judai mengatakan, panitia akan mendirikan tenda ukuran besar yang dilengkapi pendingin udara sebagai tempat untuk menyelenggarakan buka puasa bersama itu.

"Tenda-tenda itu akan didirikan di lokasi-lokasi yang padat penduduknya. Setiap tenda mampu menampung sekira 1.000 orang," kata Judai. Untuk kegiatan berbuka puasa bersama selama bulan Ramadan, Dana Zakat menyiapkan dana sebesar 4 juta riyal dan 5 juta riyal untuk program pembagian daging dan bahan makanan bagi sekira 1.800 keluarga miskin.

Judai menambahkan, tenda-tenda yang digunakan untuk keperluan buka puasa bersama adalah tenda yang berkualitas internasional dan sudah memenuhi persyaratan keamanan mengingat tenda-tenda itu berukuran sangat besar dan akan dipenuhi oleh warga yang akan menikmati buka puasa.

Menu makanan yang akan disajikan antara lain nasi dengan lauk pauk daging atau ayam , termasuk kurma. Untuk menyediakan makanan, Dana Zakat bekerjasama dengan sejumlah restoran di Doha. Demi menjaga kualitas makanan, Dana Zakat membentuk komite pengawas yang sewaktu-waktu akan melakukan inspeksi dadakan ke restoran-restoran tersebut.

Dari delapan tenda yang akan didirikan, satu tenda akan diperuntukkan khusus bagi para mualaf yang kebanyakan berasal dari kalangan warga negara asing. Tenda khusus mualaf ini akan dibangun di Qatar Sport Club, bekerjasama dengan Pusat Kebudayaan Islam Qatar. Sedangkan tujuh tenda lainnya, disponsori oleh donatur-donatur lokal dan hanya tenda di kawasan Al-Wakrah yang disponsori oleh Dana Zakat. Acara buka puasa di tenda-tenda itu juga akan dilengkapi dengan ceramah keagamaan.

Lembaga amal lainnya yang juga sudah menyiapkan program Ramadan adalah Qatar Charity. Lembaga ini juga akan mendirikan lima tenda di berbagai wilayah di Qatar yang akan menyediakan makanan berbuka untuk 1.000 orang setiap harinya selama bulan Ramadan.

Selain di Qatar, Qatar Charity juga menggelar kegiatan serupa di 20 negara muslim lainnya dengan prioritas negara-negara yang sedang dilanda konflik seperti Palestina, Somalia, Sudan dan Pakistan.

Awal Ramadan di Qatar diperkirakan akan jatuh pada tanggal 11 atau 12 Agustus 2010. (ln/gulftimes)

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Keniscayaan Bangkitnya Islam di Rusia

Selasa, 22/06/2010 15:41

Dakwah Mancanegara Lainnya

Trending