Selasa, 7 Rabiul Awwal 1444 H / 4 Oktober 2022

Apakah Program Investasi di Internet itu Riba

Assalamualaikum wr. wb.

Sekarang kan banyak sekali program-program investasi di internet atau yang disebut HYIP di mana kita menanamkan modal kita sambil berinternet kita dapat bunga dari uang kita. Apakah program-program tersebut termasuk riba, pak ustadz?

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Benar sekali, kalau sudah disebutkan bahwa keuntungan investasi itu dengan cara diberi bunga sekian persen per bulan atau pertahun dari jumlah uang yang diinvestasikan, jelas sekali bahwa ini adalah investasi ribawi. Hukumnya haram dan tidak ada sedikit pun perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang keharamannya.

Riba ini termasuk riba nasi’ah, yaitu riba yang terjadi karena seseorang meminjamkan uang kepada pihak lain dengan syarat pengembaliannya harus dengan bunga. Prinsip keharamannya ada pada bunganya yang meski dibuat serendah mungkin, namun tetap saja hukumnya haram. Meski pun tujuannya untuk dibisniskan atau dijadikan modal bergerak yang mendatangkan keuntungan.

Bila kemudian sistem ini dijajakan lewat internet dengan nama investasi online atau apapun namanya, secara prinsip ribanya tidak ada yang berubah. Sehingga hukumnya tetap haram.

Kecuali bila investasi itu menerapkan sistem bagi hasil, di mana kalau ada keuntungan, maka keuntungan itulah yang dibagi, sebaliknya bila ada kerugian juga ditanggung bersama, barulah investasi online itu halal dan diberkahi.

Maka sebaiknya anda berhati-hati bila melihat iklan dan peluang berinvestasi, baik di media internet ataupun media cetak, bahkan meski di media yang berbau Islam sekalipun. Sebab seringkali didapatkan iklan-iklan seperti itu justru di media yang dekat dengan Islam. Entah redaksinya kurang teliti atau kurang mengerti, tetapi seharusnya iklan-iklan model seperti itu tidak boleh ada di media Islam.

Semoga Allah SWT melindungi kita dari ancaman api neraka, karena kehendak kita meninggalkan harta haram akibat riba. Dengan niat ikhlas untuk menjauhi larangan Allah SWT, marilah kita tinggal riba dalam bentuk apapun.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba jika kamu orang-orang yang beriman. (QS. Al-Baqarah: 278)

Maka jika kamu tidak mengerjakan, maka ketahuilah, bahwa Allah dan Rasul-Nya akan memerangimu. Dan jika kamu bertaubat, maka bagimu pokok hartamu; kamu tidak menganiaya dan tidak dianiaya.(QS. Al-Baqarah: 279)

Kalau pun di antara kita ada yang sudah terlanjur melakukannya, semoga Allah memaafkan dan mengampuninya, selama dirinya bertaubat dan segera menghentikannya.

Wallahu a’lam bishshawab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ahmad Sarwat, Lc.

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Rekomendasi

Satpam Wanita

Selasa, 25/07/2006 12:57

Indonesia Dan Kebebasan

Senin, 26/10/2009 07:37

Wajah, Pentingkah?

Kamis, 30/04/2015 11:15

Jauhkanlah Dirimu Dari Cinta Buta

Rabu, 27/01/2010 14:57

Rumah Riba

Jumat, 16/06/2006 16:54

Waktu Shalat Dhuha dan Tahajjud

Senin, 08/11/2010 14:09

Baca Juga

Ekonomi Lainnya

Trending