Jum'at, 20 Muharram 1444 H / 19 Agustus 2022

Penganiayaan Merajalela Sebuah Tanda Akhir Zaman

eramuslim.com – Dalam hadis berikut ini, Nabi saw menggambarkan bahwa akan datang suatu masa ketika orang akan memiliki kekuasaan yang begitu besar atas orang lain, dan akan menggunakan kekuasaan untuk menyengsarakan orang lain.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda  ,” Ya Abu Hurairah, akan datang suatu masa sekiranya kamu  hidup sebentar saja pada saat itu, kamu akan menyaksikan orang yang membawa sesuatu seperti seekor lembu jantan di tangannya. Maksudnya mereka akan membawa  sesuatu dari kulit di tangan mereka seperti cemeti (cambuk). Mereka akan keluar pagi-pagi sekali untuk mencelakakan manusia sambil mendurhakai Allah, dan ia berada dalam kemurkaanNYa. Mereka keluar pada pagi hari dengan membawa cemeti di tangan mereka seraya membelakangi jalan Allah dan NabiNya, mendurhakai Allah, dan menentang NabiNya. Ketika mereka kembali pada malam hari, Alah jijik kepada mereka. Orang-orang itu sendiri mengaku beragama Islam.

Belasan Abad yang lalu, Nabi SAW memberikan sebuah isyarat kepada Abu Hurayrah tentang orang-orang seperti itu yang akan datang tidak lama setelah masanya. Meskipun Nabi SAW tahu bahwa orang-orang itu akan muncul pada akhir zaman, bertahun-tahun setelah Abu Hurayrah meninggal , beliau menekankan bahwa akhir zaman itu tidak akan lama lagi. Sabda Nabi, sekiranya kamu hidup sebentar saja pada masa itu,” merupakan pentunjuk bahwa sebenarnya akhir zaman itu sangat dekat. Aku diutus menjelang kemunculan Hari Kiamat yang jaraknya seumpama dua jari ini.” Lebih jauh lagi Nabi Saw menunjukkan perhatiannya kepada para sahabatnya dan semua orang Islam pada semua zaman, bahwa mereka harus mempersiapkan diri mereka untuk menghadapi kehidupan setelah kematian, yang mungkin akan terjadi kapan saja. Ali berkata,” Bekerjalah untuk duniamu seakan-akan kamu akan hidup selamanya, dan bekerjalah untuk akhiratmu seolah-olah kamu akan mati besok”

Orang-orang yang beriman harus selalu waspada dan ingat bahwa suatu saaat mereka akan menghadapi hari Pengadilan karena tidak ada yang tahu kapan mereka akan dipanggil menghadap Penciptanya. Seperti yang difirmankan Allah :

“Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat, dan Dialah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal (QS 31: 34)

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Suasana Cuaca di Surga

Sabtu, 13/11/2021 10:45

Hadits Lainnya

Trending