Kamis, 9 Rabiul Awwal 1444 H / 6 Oktober 2022

3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mencari Jodoh dalam Islam

Eramuslim – ISLAM menganjurkan umatnya untuk menikah jika sudah mampu. Menikah banyak hikmahnya, selain membangun rumah tangga dan keluarga taat kepada Allah, juga untuk menghindari terjerumus ke maksiat semisal zina.

Namun, sebelum menikah tentu saja harus memilih jodoh atau calon pasangan dulu. Jodoh sebenarnya sudah diatur oleh Allah Subhanahu wa ta’ala, hanya saja manusia tetap harus berikhtiar untuk mendapatkannya.

Dalam Islam, ada beberapa kriteria atau hal yang harus diperhatikan dalam memilih jodoh, sebagai berikut:

  1. Memilih jodoh berdasarkan iman

Rasulullah bersabda, agama adalah hal paling penting dalam mencari jodoh. Umat Muslim seharusnya memilih jodoh atas agamanya sebab agama merupakan tiang berdirinya keluarga yang sakinah.

Sedangkan ketampanan, kecantikan, harta benda sifatnya hanya sementara. Kita membutuhkan jodoh yang akan kita temui di akhirat kelak di surganya.

  1. Selalu memperbaiki diri sendiri

Orang yang saleh selalu mencari pasangan yang saleh pula. Makanya kita harus berbuat baik dan memperbaiki diri agar menemukan jodoh yang saleh pula. Sebab orang cenderung mencari jodoh yang sefrekuensi.

Pertemuan jodoh biasanya tergantung dengan siapa saja kita suka berkumpul dan bertemu. Artinya, jodoh kita bergantung kepada lingkungan kita suka berkumpul. Apalagi ada istilah witing tresno jalaran seko kulino, artinya timbulnya cinta akibat sering bersua.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Ikuti update terbaru di Channel Telegram Eramuslim. Klik di Sini!!!

loading...

Baca Juga

Al Muraisi dan Fitnah Kaum Musyrikin

Kamis, 03/09/2020 14:00

5 Penyebab Munculnya Sifat Iri Hati

Kamis, 03/09/2020 13:00

3 Pola Hidup Sehat ala Rasulullah

Rabu, 02/09/2020 16:00

Hikmah Lainnya

Trending